4 Tips Memilih Rak Buku Agar Tidak Salah Pilih

4 Tips Memilih Rak Buku Agar Tidak Salah Pilih

Dalam memilih rak buku, apa saja yang harus dipertimbangkan agar Anda tidak salah pilih? Rancang Mebel telah merangkumnya untuk Anda.

1. Ukuran Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli rak buku adalah mengukur ruangan dimana rak buku itu akan ditempatkan. Selain mengukur luas lantai, Anda juga harus mengukur dinding dan tinggi langit-langit ruangan. Pastikan juga ada cukup ruangan untuk berjalan di antara rak-rak buku untuk mempermudah mengambil koleksi buku favorit anda. Dengan memastikan ukuran ruangan, akan menghindarkan Anda membeli rak buku yang terlalu besar atau rak buku yang terlalu kecil. 

2.  Isi Rak Buku

Tak hanya untuk menyimpan buku, rak buku juga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang lain seperti contohnya seperti pajangan, foto, maupun koleksi vcd film favorit Anda. Dengan membuat daftar barang apa saja yang akan disimpan di rak buku nanti, akan membantu Anda dalam memilih ukuran dan jenis rak buku yang dibutuhkan. Pastikan memilih rak buku yang sesuai dengan kebutuhan, maupun yang sesuai dengan tema ruangan Anda.


3.  Pertimbangkan Rak Buku Tertutup

Salah satu manfaat memiliki rak buku tertutup, buku-buku anda akan terhindar dari debu. Pintu rak buku yang terbuat dari kayu adalah pilihan bagus bila anda ingin menyembunyikan "kekacauan" di dalamnya, tapi bila anda anda ingin memamerkan koleksi buku-buku anda, anda bisa memilih rak buku dengan pintu yang terbuat dari kaca.

4. Sesuaikan Lemari Buku Dengan Furniture Lainnya

Saat akan membeli rak buku, sesuaikan gaya, bahan, dan warnanya dengan furniture dan tema ruangan anda. Misalnya rak buku dengan gaya sturdy bookshelf (rak buku klasik kayu) tidak akan cocok untuk ruangan dengan gaya modern. Dan sebagai gantinya, anda bisa rak buku minimalis untuk ruangan bergaya modern.

Jika Anda masih bingung dalam memilih rak buku, berikut beberapa contoh desain rak buku

5 Ide Desain Rak Buku Unik

1. Rak buku dinding invisible

rak buku invisible

Rak buku dinding ini hanya terbuat dari pembatas buku, atau biasa disebut siku yang terbuat dari elemen besi atau logam yang dipasangkan ke dinding. Dapat menahan beban kira-kira 6,8 kilogram dengan tinggi buku 40 sentimeter, kamu bisa menyimpan buku favoritmu sekaligus menghemat space dengan rak buku invisible yang imajinatif.

2. Lemari buku dinding batang kayu di sudut ruangan

rak buku batang pohon

Rak buku ini menciptakan kesan rustik ke dalam ruanganmu. Biarkan kayu tersebut dengan alami, kemudian pasang rak-rak kayu pada batang pohon tersebut sehingga bisa menciptakan rak buku dinding yang bisa ditempati buku-buku favorit.

3. Rak buku dinding berbentuk pohon

rak buku pohon

Memiliki rak buku dinding berbentuk pohon bisa Anda coba lho. Rak buku ini terbuat dari kayu dan memiliki bentuk menyerupai pohon, dengan dahan-dahan yang siap ditempati oleh buku-buku koleksimu, unik dan lucu bukan?

4. Rak Buku Yin dan Yang

rak buku yin yang

Bagi Anda yang menggemari aksesoris khas Tionghoa, Anda bisa mencoba dan menempatkan rak buku ini di ruang tamumu.

5. Lemari Bawah Tangga Sekaligus Rak Buku

rak buku bawah tangga

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan fungsi ruangan, lemari bawah tangga sangat cocok jika digunakan sebagai rak buku.

© 2018 Rancang Mebel.All Rights Reserved.
Whatsapp Telepon SMS