5 Langkah Solusi Kitchen Set Anti Rayap

5 Langkah Solusi Kitchen Set Anti Rayap

Memiliki kitchen set yang indah merupakan kebahagiaan tersendiri, karena membuat dapur Anda menjadi bersih, namun apa jadinya jika kitchen set Anda diam-diam dimakan rayap? Kitchen set yang dimakan rayap sangat berbahaya karena tidak akan kuat menopang beban perabotan yang disimpannya.

Sebelum mengetahui bagaimana solusi agar kitchen set bisa tahan terhadap rayap, maka Anda harus tahu dulu bagaimana perilaku rayap. Rayap biasa bersarang secara bergerombol dan memakan kayu perabot ataupun rumah. Rayap biasa hidup di tempat yang gelap dan lembab serta dengan suhu hangat sehingga kitchen set adalah lokasi tepat untuk mereka.

Solusi Kitchen Set Anti Rayap

1. Lakukan Pengendalian Rayap

Hubungi tenaga ahli untuk memastikan rumah dan tempat pemasangan kitchen set bersih dari kemungkinan munculnya rayap. Misalnya melakukan penyemprotan bahan kimia tertentu. Pengendalian hama sebelum memasang kitchen set akan memengurangi serangan.

2. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Bahan yang disarankan agar kitchen set anti rayap adalah multiplek atau bisa juga dengan kayu solid. Selain itu dari segi finishing usahakan menggunakan dempul dan juga cat duco. Hal ini dilakukan agar pori yang ada di kayu bisa tertutup. Perlu Anda ketahui juga jika bahan kimia yang ada di cat duco tidak disukai rayap sehingga pastinya akan menjadikan rayap menjauh. Material partikel board amat tidak disarankan untuk pembuatan kitchen set karena rayap begitu mudah merusaknya.

3. Pakai Cat Anti Lembab dan Jamur

Jika dari segi materialnya sudah tepat, lanjutkan dengan pemilihan catnya. Pemilihan cat yang disarankan adalah dengan cat anti lembab dan jamur. Dengan demikian maka kitchen set Anda akan bisa lebih tahan pada air dan kelembaban sehingga pastinya akan bisa senantiasa awet. Selain itu, kitchen set juga akan lebih kuat mengingat air tidak meresap dan melemahkan material. Rayap pun tidak akan masuk karena kondisi kitchen set yang tidak lembab.

4. Pelapisan Obat Anti Rayap

Lapisi kitchen set Anda dengan obat anti rayap, sehingga kitchen set akan lebih tahan terhadap serangan rayap.

5. Pencahayaan Optimal

Rayap suka tempat yang lembab dan gelap, maka rancang dapur Anda dengan banyak jendela atapun gunakan seng plastik agar ruangan dapur menjadi terang dan banyak cahaya matahari yang masuk sehingga dapur tidak lembab.

Perawatan Setelah Kitchen Set Dipasang

1. Pemeriksaan Rutin

Pastikan kitchen set selalu bersih dan kering, awasi jika ada serbuk kayu seperti jejak rayap.

2. Pembersihan Saluran Air

Secara teratur bersihkan saluran air dan keringkan setelah digunakan untuk meminimalisir hama tersebut.

Whatsapp Telepon SMS