Cara Membuat Kitchen Set Sendiri

Cara Membuat Kitchen Set Sendiri

Dalam sebuah rumah, kitchen set menjadi salah satu pelengkap untuk dapur Anda. Kitchen set saat ini sudah banyak diproduksi dan dijual di pasaran dengan berbagai tipe.

Dari segi harga kitchen set memiliki variasi mulai yang cukup murah sampai yang mahal. Bahkan tipe kitchen set yang sama sekalipun, harganya belum tentu sama. Pada dasarnya membuat kitchen set minimalis tidaklah sulit, untuk itu simak cara membuat kitchen set berikut ini!

Salah satu bagian kitchen set yang paling mudah dibuat adalah kabinet dapur yang dipasang di bagian dinding atas, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. cara membuat kitchen setSumber Gambar: Kaskus
  2. Buatlah desainnya. Ukurlah dengan teliti ukuran bidang yng akan dipasang kabinet. Bagian ini mungkin akan memakan waktu sedikit agak lama karena kita harus menghitung kebutuhan block board melamin dan HPL yang akan digunakan. Pengukuran juga harus dilakukan dengan teliti agar pas antara kabinet dengan ruangan yang akan digunakan.
  3. Siapkan alat-alatnya. Untuk mendapatkan hasil yang baik dengan penggunaan alat-alat yang efektif, anda bisa menggunakan circle saw atau gergaji listrik biasa yang dimodifikasi sendiri. Selain itu siapkan juga bor listrik yang disertai mata bor dengan nomer 3.5 untuk membuat lubang sekrup. Disamping itu anda juga masih memerlukan mata bor yang lain, seperti mata bor untuk anak kunci dan mata bor untuk engsel mangkok. Siapkan juga lem dengan tempat lem dan kuas roda untuk pengeleman, obeng untuk memasang sekrup dan amplas yang halus.
  4. Siapkan materialnya. Untuk membuat sebuah kabinet anda membutuhkan multiplek/ blockboard melamin dan HPL untuk finishing. Pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan dari hasil hitungan Anda sebelumnya. Di samping bahan dasar kayu tersebut, yang tidak boleh ketinggalan juga adalah lem fox untuk tahapan pengeleman.
  5. Tahap pemotongan block board melamin/ blokmil kotak laci dan sekat kitchen set. Potong blokmil sesuai ukuran yang telah ditentukan dengan menggunakan circle saw. Pemotongan yang tepat dan rapi akan meminimalkan kesalahan sehingga Anda terhindar dari membuang-buang bahan dan kemungkinan tepiannya rusak akibat tidak teliti saat memotong.
  6. Tahap pemotongan HPL. HPL juga dipotong sedemikian rupa mengikuti besarnya ukuran multipleks yang telah dipotong sebelumnya. Pemotongan HPL ini juga harus teliti dan tepat agar bidang multipleks tertutup atau terlapisi dengan sempurna.
  7. Tahap pengeleman HPL ke blokmil. Selanjutnya adalah mengelem HPL ke blokmil dengan menggunakan lem fox. Lem dengan kuas roda untuk mendapatkan hasil pengeleman yang merata dan kuat.
  8. cara membuat kitchen setTahap pemasangan material kecil, langkah selanjutnya adalah merangkainya. Pertemukan lembaran yang satu dengan yang lainnya lalu hubungkan menjadi sebuah bidang menggunakan engsel mangkok. Umumnya ini untuk bagian pintu kabinet saja.
  9. Untuk memasangnya, gunakan mata bor khusus pemasangan engsel mangkok. Bila semua telah selesai dikerjakan, jangan lupa untuk memasang handle pintunya
  10. amplas kitchen setTahap finishing dan pemasangan. Tahap ini merupakan tahap terakhir membuat kabinet dapur secara mandiri. Amplas dengan amplas yang halus tepian kabinet menjadi halus dan tidak melukai saat bersentuhan dengan tangan.
  11. pasang sekat kitchen setBila sudah, anda tinggal memasangnya sekat pada area yang sudah ditentukan dalam desain dengan ketinggian yang bisa dijangkau pengguna dapur. Untuk memasang kabinet ini gunakan sekrup dan fischer. jangan lupa untuk memasang rel roda dan

Apakah Anda memiliki waktu untuk membuat kitchen set sendiri? Jika tidak Anda bisa meminta bantuan ke jasa pembuatan kitchen set, seperti Rancang Mebel.

© 2018 Rancang Mebel.All Rights Reserved.
Whatsapp Telepon SMS