Tips Memilih Sofa yang Tepat

Tips Memilih Sofa yang Tepat

Memilih sofa tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar sofa memiliki fungsi maksimal dan menyatu dengan ruang tamu Anda. Agar tidak salah pilih, simak tips berikut ini!

Ruang Penempatan dan Ukuran Sofa

Sebelum memilih berbagai jenis sofa, tentukan dulu dimana sofa itu akan diletakkan, kemudian ukur lebar dari tempat yang akan diletakkan sofa, bisa dengan menggunakan meteran bangunan ataupun meteran baju.

Mengukur tempat sofa akan memudahkan Anda menyesuaikan ukuran sofa yang akan dibeli. Sofa yang terlalu besar akan memakan banyak ruang sehingga tidak muat di ruangan. Sofa yang terlalu kecil juga terlihat aneh karena ruangan yang tersisa tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Apa pun jenis sofa yang dipilih, pertimbangkan terlebih dahulu ukuran dari ruangan.

Fungsi Sofa

Apa fungsi sofa yang akan dibeli? Akankah sofa juga digunakan untuk fungsi yang lain? Misal jika sofa digunakan untuk tempat tidur, maka pilihlah sofa yang memiliki permukaan yang empuk dan memiliki pinggiran tebal untuk difungsikan sebagai bantal. Kalau sofa hanya digunakan untuk tempat duduk saja, pilih yang empuknya standar agar bisa digunakan untuk duduk berlama-lama

Jenis-Jenis Sofa

Sofa minimalis

Sofa minimalis adalah sofa yang memiliki bentuk standar dan fungsinya untuk tempat duduk saja. Sofa jenis ini bisa berbentuk memanjang dan kerap difungsikan untuk kursi tamu. Dalam memilih sofa minimalis, Anda harus mempertimbangkan kenyamanan kursi jika kelak digunakan oleh tamu. Sebelum membeli, cobalah terlebih dahulu. Kalau Anda merasa kurang nyaman maka pilih yang lain karena tamu juga akan merasakan hal yang sama.

Sofa Santai

Sofa santai biasanya tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Permukaannya sangat lembut dan bisa digunakan untuk bersantai seperti minum teh di sore hari atau untuk membaca. Sofa jenis ini banyak diletakkan di dalam kamar atau tempat-tempat santai rumah sehingga siapa saja bisa menikmati ‘me time’ lebih nyaman.

Sofa Lipat

Anda yang memiliki rumah tidak terlalu besar bisa menggunakan sofa lipat yang bisa dilipat saat tidak digunakan. Sofa ini tidak memakan banyak tempat sehingga direkomendasikan untuk rumah yang tidak terlalu lebar. Sofa lipat bisa diletakkan di ruang keluarga atau ruangan-ruangan yang memiliki fungsi ganda. Misal ruang makan yang bisa diubah menjadi ruangan untuk bersantai.

Sofa Bed

tips memilih sofa

Sofa bed adalah jenis sofa yang pada beberapa bagiannya bisa ditarik sehingga kaki bisa selonjoran. Sofa ini sangat cocok diletakkan di ruang keluarga yang memiliki TV. Anda bisa menggunakan sofa ini untuk bersantai atau untuk tiduran sambil menikmati acara di TV. Untuk beberapa alasan, sofa ini juga difungsikan utama sebagai tempat tidur sehingga menghemat ruangan di dalam rumah.

Sofa Ruang Tamu

Sofa set adalah pilihan terakhir yang bisa Anda pilih jika ingin membeli sofa. Sofa ini biasanya satu set sehingga setiap sudut dari ruang tamu bisa ditempati. Sebelum memilih sofa ruang tamu, perhatikan terlebih dahulu ukuran agar ruang tamu yang Anda miliki tidak terlihat penuh dan juga sesak.

Jenis Kerangka

Tips memilih sofa ketiga adalah jenis kerangka atau konstruksinya. Ini adalah kunci sofa awet dan tahan lama. Konstruksi kerangka sofa pada umumnya memakai kayu asli yang telah dikeringkan agar tidak lembab. Ada pula yang terbuat dari plywood, yaitu papan berlembar-lembar yang dissusun hampir menyerupai kayu asli. Memang  playwood tidak sekuat kayu jati. Oleh sebab itu harga sofa dengan konstruksi kerangka plywood harganya jauh lebih murah.

Isi sofa atau bantalan pun harus Anda kenal dengan baik. Bantalan sofa yang baik tidak mudah melesap ke dalam, elastis dan empuk. Biasanya isi sofa adalah busa, dakron, atau bulu angsa. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Cobalah duduki sofa tersebut saat masih di toko. Sehingga Anda bisa menentukan mana yang paling nyaman untuk Anda. Isi bulu itik dan angsa cukup nyaman dipakai tapi harganya cukup mahal, selain itu juga bisa menggumpal dalam jangka waktu tertentu. Jenis Fiber dan polyester foam harganya lebih ringan, namun mudah tipis dan melesap kedalam. Pilihan paling baik adalah jenis spon dan HR foam.

Jenis Kain Pelapis

Tips memilih sofa terletak pada jenis kain pelapisnya untuk kenyamanan penghuni rumah. Kain pelapis sofa memang menentukan harga. Umumnya konsumen dihadapkan pada dua pilihan jenis kain pelapis, apakah kulit asli, oscar atau kain. beda material memberikan nuansa gaya yang berbeda pula. Sofa yang berlapis kain memberkan kesan kasual. Sementara kain dengan pelapis kulit memberikan kesan mewah dan klasik.

© 2018 Rancang Mebel.All Rights Reserved.
Whatsapp Telepon SMS