4 Bahan Terbaik untuk Kitchen Set Minimalis!

4 Bahan Terbaik untuk Kitchen Set Minimalis!

Anda sedang berencana untuk renovasi dapur? Atau justru baru ingin membuat dapur dan kitchen set baru? Selain desain dan peralatannya, ternyata ada hal penting lainnya yang harus diketahui mengenai dapur dan kitchen set.

Memiliki kitchen set yang awet dengan kondisi yang selalu nampak baru merupakan keinginan setiap ibu rumah tangga. Karenanya, penting sekali untuk mengetahui bahan apa saja yang paling baik digunakan untuk membuat kitchen set.

Berikut Ini 4 Bahan Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Membuat Kitchen Set

1. Kayu Solid

kitchen-set-kayu-solid

Kayu solid merupakan material yang dahulu sering digunakan dalam pembuatan kitchen set. Beberapa jenis kayu solid yang sering digunakan adalah kayu mindi, kayu melia, kayu jati, dan kayu rosewood India. Agar lebih terlihat bagus dan mengkilap, Anda bisa mengecat permukaan kabinet dan kitchen set dengan pelitur.

Kelebihan kayu solid cenderung lebih awet dan tahan rayap, dibanding kayu olahan. Namun secara tampilan kurang modern. Kayu solid tersedia dalam berbagai serat, warna dan tekstur. Membersihkan kitchen set kayu solid cukup mudah, Anda hanya perlu menghindari bahan kimia yang mengandung asam agar tidak merusak warna dan tekstur kitchen set kayu.

Perubahan tingkat kelembapan ruangan sangat mempengaruhi kualitas permukaan kayu. Akibatnya anda harus sering memoles permukaan kayu, hal ini cukup memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

2. Multiplek atau Plywood

kitchen-set-multiplek

Bahan dasar multiplek adalah kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi. Multiplek atau plywood memiliki tekstur lapisan kayu yang rapat, hal ini membuatnya lebih kokoh dan tahan terhadap air, sehingga cocok untuk dijadikan kitchen set basah.

Multiplek terdiri dari kombinasi serat-serat kayu dan kulit kayu dimana permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan dengan permukaan tengah, hal ini difungsikan agar multiplek tahan terhadap pemuaian dan tidak mudah ditekuk. Dengan pemakaian yang baik material ini mampu bertahan hingga 10 tahun.

Karena strukturnya yang kokoh membuat multiplek dibanderol dengan harga yang lebih mahal, sehingga beberapa furniture yang dibangun dengan material ini akan lebih mahal dari yang menggunakan material lainnya. Namun mahalnya harga terbayar dengan kualitas yang berikan oleh material yang satu ini.

3. Blockboard

kitchen set blokboard melamin

Blockboard memiliki kemiripan dengan multiplek, hanya saja lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horizontal, sedangkan lapisan multiplek disusun secara vertikal. Salah satu jenis kayu yang digunakan adalah  sengon laut, salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan air.

Material blockboard juga memiliki ketahanan terhadap air, sehingga tidak salah jika digunakan sebagai material pembuat kitchen set.

Blockboard memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan multiplek, jadi bagi Anda yang hanya memiliki budget terbatas dapat memilih kitchen set dengan bahan dasar blockboard untuk memperindah tampilan dapur rumah Anda.

4. Stainless Steel dan Aluminium

kitchen-set-aluminium

Material ini memiliki kuat dan tahan lama, dan sering digunakan dalam sebuah restoran. Namun harganya lumayan mahal. Stainless steel dan aluminium menawarkan tampilan yang unik. Stainless steel dan aluminium yang diolah kokoh, tahan karat dan noda. Material ini juga tidak terpengaruh oleh panas dan kelembaban. Material aluminium mudah digosok dan dibersihkan, karenanya tidak terpengaruh oleh kotoran yang disebabkan bumbu dan penggorengan yang disimpan di dapur kamu.

Material ini tersedia dalam warna terbatas. Mereka mungkin perlu re-polishing ketika lapisan mengkilap mengoksidasi atau berkarat. Permukaan logam yang terkena noda oli dan sidik jari akan terlihat sangat jelas. Material ini juga rentan tertekuk. Terakhir namun tidak kalah penting, pintu dan laci mereka lebih berisik daripada bahan lainnya.

Finishing HPL dan Cat Duco untuk Kabinet

Bagaimana dengan pelapis dari material kabinet tersebut? Tidak hanya untuk memperoleh tampilan luar yang lebih menarik dan estetik, finishing diterapkan untuk melindungi material penyusun komponen kabinet.

finishing melamik

Apabila menggunakan kayu solid sebagai material utama, maka lindungilah dengan finishing melamik sehingga tekstur serat kayu dapat tampil lebih menonjol.

Untuk material multipleks dan papan kayu lainnya, finishing HPL dan cat duco dapat dijadikan pilihan. Kedua bahan kitchen set ini dikenal luas karena pemasangannya yang praktis dan ketersediaan variasi motifnya yang beragam. Meskipun HPL lebih murah dan mudah diperoleh, cat duco memiliki ketahanan yang lebih prima. Ia dapat menjaga kekuatan material sekaligus menampakkan warna-warna solid.

hpl

HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas suatu furniture atau mebel. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna yang beragam yang dapat kita gunakan guna dalam menambah kesan estetika kitchen set Anda.

finishing duco

Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal yang mampu membuat tampilan dapur lebih elegan dan menarik dengan pilihan warna dan corak yang variatif.

Finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahannya itu sendiri, sehingga untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan waktu yang cukup untuk proses pengerjaannya.

Whatsapp Telepon SMS