5 Tips Menata Rumah Biar Bukber Semakin Seru!

5 Tips Menata Rumah Biar Bukber Semakin Seru!

Saat ini kita sudah memasuki bulan puasa, selain berpuasa dan sholat tarawih, ada kegiatan tambahan yang menjadi rutinitas di bulan ramadhan, yaitu buka puasa bersama, mulai dari buka puasa bersama keluarga, teman kantor, sd, smp, sma, dan teman kuliah.

Tak selalu harus bukber di luar rumah, acara bukber juga bisa dilakukan di rumah. Hal yang menegangkan adalah jika Anda yang ditugaskan untuk menjadi tuan rumah.  Berikut tips mudah menata rumah untuk menyambut acara buka puasa bersama!

1. Hias Rumah dengan Dekorasi Ramadhan

buka bersama

Tata rumah dengan menambahkan dekorasi ramadhan, agar rumah lebih terasa suasana ramadhan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan kertas krep, seperti pita berwarna hijau di depan pintu. Selain itu Anda bisa menambahkan beberapa lilin aroma terapi, untuk menambah kehangatan sekaligus membuat harum ruangan. Jangan lupa tambahkan karpet di tengah ruangan agar suasana akrab lebih terasa.

2. Setel Musik Khas Ramadhan

Untuk menambah nuansa ramadhan lebih terasa, Anda bisa putarkan musik religi seperti musik opick ataupun sabyan, terutama saat mereka datang, tamu Anda pasti akan merasa senang ketika disambut musik-musik ramadhan.

3. Tata Meja Makan Secara Prasmanan

buka bersama

Jumlah tamu yang datang pada saat bukber biasanya tidak sedikit atau terkadang ada tamu tambahan ketika teman Anda mengajak keluarganya, untuk itu lebihkanlah porsinya dan untuk memudahkan penyajiannya, Anda bisa meletakkan makanan dalam wadah prasmanan seperti sayur dan daging, agar makanan tetap terasa lezat. Tamu yang datang akan mengantri untuk mengambil makanannya sendiri.

Tips selanjutnya, Anda bisa menggunakan piring bambu beralaskan kertas dan gelas plastik agar Anda tak usah repot mencuci piring setelah acara bukber selesai. Atau jika rumah Anda tidak luas untuk penempatan prasmanan serta tidak memiliki banyak piring, Anda bisa meletakkan makanan di dalam box, namun hal ini tidak berlaku jika tamu yang datang adalah orang tua, karena akan  terasa kurang sopan.

4. Sulap Kamarmu Menjadi Ruang Sholat

ruang sholat

Jika Anda memiliki ruang keluarga dan ruang tamu yang kecil, Anda bisa menggunakan kamar anak Anda sebagai ruang sholat, sediakan karpet besar dan sajadah serta mukena bersih agar tamu yang datang terasa nyaman. Keluarkan furniture yang tidak diperlukan agar ruangan sholat menjadi lebih luas.

5. Letakkan Kursi dan Sofamu Di Ruang Garasi

Untuk menambah luas ruangan, letakkan kursi dan sofa di garasi yang sebelumnya sudah Anda bersihkan, selain menambah tempat duduk, tamu yang ingin merokok ataupun mencari udara dingin bisa menempatinya setelah sholat.

Whatsapp Telepon SMS