6 Desain Lemari Bawah Tangga Solusi Memaksimalkan Ruangan

6 Desain Lemari Bawah Tangga Solusi Memaksimalkan Ruangan

Area bawah tangga seringkali menjadi area kosong atau area yang tidak terpakai, sebab jarak dari lantai ke batas bawah tangga yang terlalu pendek membuat Anda sulit menaruh barang atau beraktifitas di sana. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan area bawah tangga, simak tips berikut ini!


1. Lemari Bawah Tangga untuk Menyimpan Sepatu atau Baju

rak bawah tangga

Membuat area bawah tangga menjadi rak adalah solusi yang paling sering digunakan, karena bisa menjadi rak sepatu dan rak bawah tangga tambahan. Lebar tangga umumnya berukuran 90-100 cm. Ukuran atau kedalaman lemari di bawah tangga tidak selalu harus mengikuti lebar tangga tersebut. Lebar lemari bawah tangga bisa hanya setengahnya, misalnya 45-50 cm.

Semakin dalam lemari yang Anda miliki, semakin sulit meraih barang di bagian dalam. Walaupun keuntungannya Anda memiliki space yang lebih banyak. Solusinya adalah membuat lemari dengan rel laci. Desainnya pun beragam, semua tergantung fungsi yang Anda inginkan.

2. Rak Bawah Tangga untuk Buku

rak buku lemari bawah tangga

Bagi penggemar buku, memiliki perpustakaan pribadi di rumah adalah mimpi yang jadi kenyataan. Tidak perlu berukuran besar, dua lemari bawah tangga seperti ini cukup untuk menampung koleksi buku favorit. Agar lebih nyaman kamu bisa meletakkan agar kegiatan membaca buku menjadi lebih mengasyikan!

3. Lemari Bawah Tangga sebagai TV Cabinet

lemari bawah tangga

Jika area bawah tangga Anda cukup luas, area ini juga bisa dijadikan sebagai TV cabinet, sekaligus digunakan untuk menyimpan buku dan koleksi pajangan Anda.

4. Lemari bawah tangga untuk menyimpan sepeda

rak bawah tangga untuk menyimpan sepeda

Saat ini banyak rumah tipe cluster yang dibuat tanpa pagar pembatas antar rumah. Bagi para pemilik sepeda, hal ini bisa membuat was-was karena kemungkinan sepeda bisa dicuri. Belum lagi jika sepeda terkena hujan, sepeda akan lebih mudah rusak.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan lemari bawah tangga sebagai tempat menyimpan sepeda. Jika sepedamu bisa dilipat, kamu bisa menggunakan lemari tertutup. Jika sepedamu tidak bisa dilipat, gantungkan saja seperti gambar di atas.

5. Lemari bawah tangga yang tertutup

Lemari bawah tangga untuk kitchen set

Lemari bawah tangga sebagai kitchen set. Lemari bawah tangga dengan tipe kitchen set cocok digunakan sebagai kotak penyimpanan, seperti alat masak, piring, gelas, sendok dan juga bahan makanan.

6. Area bawah tangga untuk meja kerja

Meja kerja di bawah tangga

Home office atau working from home semakin marak saat ini, tentu Anda membutuhkan area khusus untuk bekerja dan mengetik di laptop. Desain dan material meja kerja bisa disamakan atau menyambung dengan anak tangga. Railing tangga bisa dijadikan sebagai dinding pembatas agar area kerja Anda tidak berserakan dan mengganggu lalu lalang di tangga. 

© 2018 Rancang Mebel.All Rights Reserved.
Whatsapp Telepon SMS