7 Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif

7 Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efektif

Rumah bersih merupakan kunci kebahagiaan penghuninya. Rumah bersih dan rapi adalah idaman para penghuninya. Namun kesibukan di kantor seringkali membuat kita tidak sempat untuk membersihkan rumah. Oleh karena itu, yuk simak tips membersihkan rumah dengan cepat

1.Rumah Bersih Berawal dari Kebiasaan Bersih

Pemilik rumah bersih tidak akan menunggu sampai rumah terlihat berantakan baru merapikannya. Sebaliknya, rumah bersih adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terus menerus oleh seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah. Oleh karena itu libatkan pasangan dan anak-anak dalam menghadirkan rumah bersih bersama.

Ciptakan kebiasaan bersih mulai dari merapikan tempat tidur saat bangun tidur, mengelap kompor dan wastafel setelah digunakan, menaruh barang sesuai pada tempatnya, dan membuang sampah pada tempatnya adalah kebiasaan yang harus dipupuk supaya rumah bersih setiap saat bukan hanya impian.

2.Sediakan Peralatan Bersih-Bersih

Jika ingin rumah Anda bersih, tentu Anda harus memiliki peralatan bersih-bersih yang memadai. Jika ingin mengurangi kerepotan, Anda dapat membeli peralatan bersih-bersih yang mudah digunakan dan praktis dalam pemakaiannya.

3.Jangan Tunda Cuci Piring

mencuci piring

Kita tahu betapa sulitnya mencuci piring kotor langsung setelah digunakan, hal itu terjadi terutama saat kita lelah dan terburu-buru. But did you know? Tempat cuci piring mengandung bakteri 100.000 kali lebih banyak daripada bakteri di kamar mandi. Oleh karena itu sebaiknya mencuci piring segera setelah selesai digunakan untuk menghindari bakteri dan virus dan juga agar dapur tetap bersih dan sehat.

4.Siap Membuang Benda yang Tidak Terpakai

Banyak orang sulit punya rumah bersih karena terlalu menyayangi barang-barang lama. Demi menciptakan rumah bersih, jangan segan untuk menyingkirkan benda yang sudah tidak terpakai lagi.

Tips rumah bersih dari Marie Kondo, pencipta teknik Konmarie sekaligus sosok organisir rumah ternama di Jepangyaitu hanya menyimpan benda yang memiliki manfaat langsung kepada pemilik rumah. Artinya, Anda harus membuang atau menyumbang benda-benda yang sudah lama tidak digunakan, tidak bermanfaat, dan tidak lagi punya fungsi di rumah.

5.Fokus pada Tiap Ruangan

Dibutuhkan tingkat fokus yang tinggi saat membersihkan setiap ruangan supaya rumah bersih setiap saat bisa diciptakan. Hindari untuk membersihkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya dalam waktu bersamaan, usahakan untuk tetap fokus pada satu ruangan sebelum berpindah ke ruangan lain. Dengan demikian, Anda bisa berkonsentrasi secara sempurna dan tidak kehilangan fokus.

6.Ganti Seprai dan Vakum Tempat Tidur Anda

vacuum tempat tidur

Kasur yang kita tiduri setiap hari dipenuhi dengan sel-sel kulit mati dan keringat kita, area ini jadi tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul. Seorang ahli mikrobiologi dari University of East Anglia merekomendasikan untuk mencuci sprei minimal seminggu sekali, menggunakan air panas dengan suhu 60 derajat Celcius. Air panas berfungsi untuk membunuh bakteri.

tempat tidur juga menjadi agenda wajib. Lakukan setidaknya dua minggu sekali, yang berguna untuk mengangkat debu dan menghilangkan jamur. Sudah saatnya Anda rutin dan rajin membersihkan area tempat Anda beristirahat.

7.Membersihkan Filter AC

membersihkan filter ac

AC yang belum diservis bisa membuat udara yang tidak baik di dalam rumah. Beberapa AC saat ini memudahkan kita untuk membuka filternya dengan tangan, tanpa butuh peralatan. Untuk membersihkan filter, gunakan lap yang sudah dibasahi sedikit air, selain itu Anda juga bisa membersihkan debu dan kotorannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini sangat sederhana dan Anda dapat menghemat biaya perawatan.

Bagaimana, 7 tips membersihkan rumahnya simpel bukan? Yuk, semangat bersih-bersih rumah biar Anda dan anggota keluarga semakin betah di rumah!

Whatsapp Telepon SMS