7 Tips Desain Interior Cafe Agar Membuat Betah Pengunjung, No.6 Paling Istimewa

7 Tips Desain Interior Cafe Agar Membuat Betah Pengunjung, No.6 Paling Istimewa

Saat ini bisnis café memang sedang menjadi tren di Jakarta. Bukan hanya dari kalangan biasa, artis ibukota pun berlomba-lomba untuk membuat bisnis café ataupun kuliner lainnya.

Dalam mengelola café selain makananannya harus enak, interior café juga harus nyaman dan instagramable, agar kalangan muda betah untuk berlama-lama di café Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hanson E Kusuma, arsitek dan peneliti dari ITB, factor paling besar yang bisa membuat pelanggan betah adalah furniture yang bagus, desain yang unik serta aksesibilitas.

1. Gunakan warna cerah

Kombinasi warna cat atau pilihan warna furniture merupakan cara paling mudah untuk menjadikan interior kafe lebih modern dan hidup. Pilihan warna putih dapat menimbulkan kesan simple dan modern.

2. Gaya Interior Unik

Konsep desain yang unik bisa menjadi teknik pemasaran yang paling efektif. Gaya modern, retro, kontemporer, industrial atau minimalis merupakan tema desain kafe yang populer. Memberi sentuhan nyentrik dengan dekorasi yang unfinished khas gaya industrial juga bisa menjadi teknik dekorasi terbaik yang bisa memunculkan nuansa ruang yang terasa lebih hidup.

3. Kursi dan Meja

Dalam memilih interior café, kursi dan meja sangat berpengaruh jika ingin pengunjung betah di kafe Anda. Kursi dan meja rendah, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin sekadar ngobrol santai ataupun bertemu dengan klien, atau penggunaan meja tinggi seperti meja kerja, yang biasanya digunakan untuk mengerjakan satu pekerjaan terfokus. Jenis terakhir adalah meja bar panjang lengkap dengan stool, meja ini cocok untuk sekadar duduk sambil mencari inspirasi.

4. Pencahayaan

desain-cafe

Sumber: Pacci Italian Kitchen Bar

Salah satu faktor yang cukup penting dalam desain ruangan adalah pencahayaan. Pencahayaan akan memberikan suasana berbeda di dalam ruangan. Hal ini akan berhubungan juga dengan konsep yang ingin ditampilkan. Selain itu pencahayaan akan memberikan tampilan makanan yang terlihat berbeda. Adapun cahaya yang tepat akan memberikan nafsu makan ketika menyantap makanan. Pencahayaan yang baik tidak hanya mengandalkan pencahayaan buatan dari lampu namun juga pencahayaan alami di siang hari.

5. Desain Plafon

Plafon atau langit-langit kafe juga harus menjadi pertimbangan dari sisi desain. Pemilihan penggunaan plafon untuk sebuah kafe selain harus menarik juga memiliki fungsi tertentu, seperti meredam suara. Salah satu yang direkomendasikan adalah plafon jenis akustik.

6. Aroma

Aroma khas dari sebuah kafe seperti aroma kopi ataupun makanan yang baru dimasak tentunya akan mengguggah selera para pengunjung. Jangan memberikan aroma wewangian yang berlebihan dengan wangi buatan seperti parfum dan penyegar ruangan.

7. Kreasikan Kafe dengan Imajinasimu

Dengan tujuan memperindah ruang dalam dari kafe, Anda dapat mengkreasikan imajinasi di tempat ini. Bersenang-senanglah dalam mendesain dan merancang dengan menuangkan ide-ide yang terlintas di benak Anda. Buatlah tempat dimana kafe menjadi nongkrong sekaligus tempat bekerja yang mengasyikkan bagi para pengunjung.

Whatsapp Telepon SMS