9 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

9 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Di saat terdapat Pandemi Covid-19 seperti ini, Anda tentu menginginkan agar lingkungan Anda bisa bersih dan terbebas dari polusi, bakteri maupun virus, salah satu caranya yaitu dengan menanam tanaman hias. Tanaman apa saja yang mampu membersihkan udara?

1. Lidah Mertua (Sansievera trifasciata laurentii)

sansievera

Tanaman ini dikenal sebagai lidah mertua di Indonesia dan di belahan bumi sebelah Barat disebut dengan snake plant atau tanaman ular.

Lidah mertua dikenal mampu membersihkan udara dari karbon monoksida, nikotin, benzene, dioksin dan formalin. Hebatnya, hanya dengan  5-6 lembar daun dari lidah mertua dewasa dapat membersihkan udara di ruangan dengan ukuran hinggai 100 meter kubik.

Bentuknya kaku seperti pedang, runcing di ujung, kalau dipadukan dengan pot yang unik dan media tanam non tanah, pemandangan yang dihasilkan tidak akan kalah dari tanaman hias mahal sekalipun.

2. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

sirih gading

Namanya mirip dengan daun sirih hijau (Piper betle) yang biasa dipakai orangtua zaman dulu untuk “nyirih”, tetapi tanaman ini tidak bisa dipergunakan untuk hal yang sama.

Perbanyakan sirih gading mudah sekali, cukup dengan memotong tangkainya dan kemudian benamkan ke dalam tanah basah, dalam beberapa minggu akan keluar tunas baru.

Sebagai tanaman hias pembersih udara dalam ruangan, Sirih Gading terkenal mampu menyerap formaldehida atau yang dikenal dengan formalin.

Murah. Hijau. Tidak susah dirawat. Bila dipadukan dengan pot berwarna cerah, hasilnya akan menyejukkan mata yang melihat.

3. Pakis Boston atau Western fern

pakis boston

Tanaman Pakis Boston yang aslinya berasal dari Amerika sebelah Utara ini tidak menyukai cahaya matahari yang terlalu banyak dan lebih suka tempat yang teduh. Dan, sebagai tanaman hias indoor maka sangatlah cocok.

Pakis Boston punya ciri yang spesifik, sehingga Anda mudah mengenalinya. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai. Tanaman hias daun yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung. Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

Boston Fern atau Pakis Boston terbukti mampu melembabkan udara di sekitar dan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang punya kulit kering dan berbagai masalah yang berkaitan dengan cuaca dingin.

4. Dendrobium atau Anggrek

dendrobium

Dendrobium terkenal sebagai tanaman yang mampu menyerap Xylene yang banyak dihasilkan oleh cat. Jadi, dengan kehadiran tanaman ini, tentunya akan membantu mengurangi polutan yang beredar di rumah yang baru di cat.

Tanaman ini juga menghasilkan oksigen di malam hari, yang berbeda dengan kebanyakan tanaman yang menghirup oksigen saat malam hari. Tentunya hal itu akan membuat segar udara ruangan hingga malam hari.

Tahukah Anda : Terlalu sayang pada tanaman ini justr bisa membuatnya mati karena biasanya menjadikan kita terlalu sering menyiram. Padahal, tidak perlu demikian, siramlah ketika tanahnya kering.

5. Lidah Buaya

lidah buaya

Tanaman lidah buaya jika ditempatkan dalam pot maka tanaman dapat tumbuh subur dan menyejukkan mata. Apalagi, tanaman ini tidak perlu perawatan yang rumit, cukup keluarkan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali keluar ruangan dan disiram, maka ia bisa kembali segar.

Ukurannya pun beragam dari yang mini sampai yang besar. Tingginya bisa mencapai 90-100 cm.

Nama Indonesianya adalah Lidah Buaya karena bentuknya yang agak runcing dengan gerigi di masing-masing sisinya.

Lidah Buaya bisa menyerap Benzena, Formalin, dan beberapa jenis bahan kimia lainnya dari udara.

Tahukah Anda : Getah lidah buaya bisa dipergunakan untuk mengobati luka akibat sengatan matahari?

6. Bunga Krisan atau Chrysanthemum

bunga krisan

Peneliti NASA menemukan bahwa Bunga Krisan menyerap beberapa jenis polutan berbahaya dari udara, seperti Benzena (kandungan yang biasa ada dalam bensin), Formalin/Formaldehyde, Amonia, dan Xylene.

Keindahannya sendiri jangan ditanya. Dengan warna-warna yang cerah ceria, seperti pink, merah, kuning, Bunga Krisan dipastikan akan memberikan tambahan suasana ceria di dalam ruangan manapun.

Meskipun demikian, layaknya tanaman berbunga lainnya, jenis tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini memerlukan sinar matahari untuk mengeluarkan bunga. Untuk itulah, sebaiknya, biarkan tanaman di taman. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam pot dan diletakkan di atas meja atau sudut ruangan.

Tahukah Anda : Bunga Krisan atau Seruni adalah bunga nasional dari negeri Samurai, Jepang? Habitat aslinya berasal dari Asia dan Timur Laut Eropa.

7. Peace Lily (Spathiphyllum)

peace lily

Peace Lily banyak dipergunakan di Indonesia sebagai tanaman hias outdoor dan bukan indoor. Meski demikin, ternyata di belahan bumi Barat, Peace Lily merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dipergunakan untuk sebagai penghias kantor atau rumah. Namanya memang mengandung kata “Lily”, tetapi sebenarnya tanaman ini berbeda keluarga dari kebanyakan lily. Hanya namanya saja yang mengadopsi kata yang sama.

Tanaman berbunga putih dan berdaun hijau lebar ini merupakan salah satu tanaman hias pembersih udara yang masuk daftar 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Terbaik versi NASA.

Kemampuannya menyerap formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena yang banyak terdapat di udara dalam ruangan tidak lagi disangsikan.

Hanya, pastikan Peace Lily diletakkan di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan bahkan menimbulkan sakit kepala.

Mengurusnya pun sangat mudah dan kurangnya cahaya tidak menjadi masalah bagi tanaman yang memiliki habitat asli di kawasan tropis benua Amerika dan Asia Tenggara ini.

Tahukah Anda : tanaman ini melambangkan kedamaian, kesejahteraan, ketenangan, kesendirian, dan kemurnian

8. Reed Palm/ Bamboo Palm atau Chamaedorea sefritzii

Bamboo Palm

Orang Indonesia mengenalnya cukup dengan kata “Palem”. Habitat asli tanaman ini adalah di kawasan Mexico dan Amerika Tengah yang termasuk tropis.

Tanaman palem mampu menyerap benzene, formalin dan trichloroethylene dari udara dan sebaiknya diletakkan dekat dinding karena juga mampu mengisap zat-zat yang keluar dari cat di sekitar kita.

Tahukah Anda : walau biasanya tanaman palem tahan terhadap sinar matahari, tetapi Bamboo Palm tidak demikian. Justru, tanaman ini sebaiknya berada di tempat yang teduh karena daunnya akan mengering kalau terlalu banyak matahari

9. Aglaonema (Chinese Evergreen – Sri Rejeki)

aglaonema

Tanaman Aglaonema sempat meroket pada tahun 2004 sampai 2008. Harga 1 potnya bisa mencapai 100 juta rupiah!

Tanaman ini membersihkan benzena dan formaldehide dari udara di sekitarnya. Aglaonema namanya. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Chinese Evergreen meski populasinya kebanyakan berada di daerah tropis, seperti Indonesia.

Orang Indonesia sendiri menyebutnya dengan dua cara, yaitu aglaonema bagi jenis yang merupakan hasil persilangan dan tanaman sri rejeki bagi yang masih murni dan berasal dari alam, walau kadangkala disebut juga dengan aglaonema spesies. Tanaman ini mampu membersihkan udara di sekitarnya.

Tahukah Anda : Tangkai aglaonema akan memanjang dan daun melebar kalau diletakkan di tempat teduh. Hal itu terjadi, seperti layaknya tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari untuk hidup. Jadi, walau ditempatkan dalam ruangan, pastikan secara rutin si Ratu Daun ini dikeluarkan secara berkala.

Whatsapp Telepon SMS