Apa Saja Jenis -Jenis Restoran dan Tren Desain Restoran Tahun ini?

Apa Saja Jenis -Jenis Restoran dan Tren Desain Restoran Tahun ini?

Restoran adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut. Restoran ada yang berlokasi dalam suatu mall, hotel, kantor, ada juga yang berdiri sendiri seperti di ruko.

Jenis-Jenis Restoran

1. Café

cafe

Merupakan restoran yang menjamur saat ini, terutama di wilayah sekitar kampus dan kantor. Café merupakan tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang. Pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe mengutamakan kenyamanan pengunjung sehingga biasanya disediakan kursi cafe yang nyaman dan alunan musik.

2. Restoran Cepat Saji

Restoran yang menghidangkan makanan dan minuman dalam waktu relative singkat dari pemesanan sampai penyajian ke pelanggan. Umumnya sajian berupa burger atau ayam goreng.

3. Casual Dining Style

restoran casual dining

Restoran jenis ini dikenal juga dengan restoran ala keluarga di Amerika Serikat. Desain restoran gaya kasual dapat hadir dalam berbagai tema, mulai dari seafood, Chinese, hingga ala Italia.

4. Fine Dining

restoran fine dining

Restoran ini adalah restoran mewah yang menawarkan suasana elegan dan pelayanan kualitas tinggi bagi pengunjungnya. Chef dari restoran fine dining biasanya sudah terlatih dan profesional. Adapun harga makanan yang disajikan lebih mahal, namun sesuai dengan kualitasnya.

Tren Desain Restoran

Banyak restoran baru yang mendesain ruangannya dengan central theme. Konsep ini akhirnya juga berpengaruh pada tata letak ruang makan mereka. Berikut beberapa desain restoran yang populer di tahun ini:

1. Communal Eating

restoran cepat saji

Kalau dulu restoran dengan konsep take-out lebih berjaya, kali ini banyak orang yang lebih mencari restoran yang bisa memuaskan hasrat mereka untuk bersosialisasi. Itulah sebabnya desain communal eating sangat populer tahun ini. Restoran dengan konsep communal eating menyediakan meja restoran panjang dan kursi panjang yang bisa jadi tempat berkumpulnya orang banyak. Di meja dan kursi ini, semua orang yang datang ke restoran dapat duduk dan menikmati makan bersama sambil berkenalan dan mengobrol satu sama lain.

2. Open Kitchen

open kitchen

Tidak mengherankan kenapa tren desain restoran berkonsep open kitchen banyak diminati di tahun 2019. Ini karena semakin banyak orang yang menginginkan transparansi sebuah restoran. Pelanggan ingin mendengar, melihat, dan merasakan langsung bagaimana chef memasak makanan mereka.   

3. Menambahkan Restoran di Bisnis yang Sudah Berjalan

Konsep ini pasti sudah sering Anda temukan belakangan ini. Misalnya, ada toko jam mewah yang melebarkan sayapnya dengan menambah restoran di outlet bisnisnya. Begitu juga dengan area perkantoran, kantor bank, atau bioskop, bisnis-bisnis ini juga banyak menambahkan restoran, lounge, cafe, atau coffee shop di gedung mereka. Tujuannya tidak lain untuk menghemat biaya sewa dan membuat para pelanggan betah untuk menghabiskan waktu lebih lama.

Whatsapp Telepon SMS