Bisa Dicoba: Rak Susun Terbuka Ala Drama Korea

Bisa Dicoba: Rak Susun Terbuka Ala Drama Korea

Pencinta drakor, mari merapat!

Topik perabot dan dekorasi rumah kali ini adalah tentang storage alias media penyimpanan berupa rak susun. Rak susun bergaya terbuka ini terutama digunakan untuk menyimpan dan memajang buku-buku koleksi. Pas untuk perpustakaan pribadi juga. Barang lain yang bisa diletakkan di sini sih bebas, mulai dari lampu hias, figura foto, piala, hingga laptop beserta tasnya.

Mengapa tadi para pencinta drakor di-mention, itu karena ide rak susun terbuka ini terinspirasi dari drama Korea. Setidaknya, ada 2 drakor yang kedapatan seringkali memamerkan penggunaan rak susun terbuka sebagai perabotan andalannya. Drama yang terbilang cukup banyak itu penontonnya itu adalah: “Lovely Horribly” dan “Memories of the Alhambra”. Begini visualisasi dari K-drama tersebut:

Di kedua drakor itu, “penampakan” perabot rak susun terbuka selalu saja muncul. Kesan minimalis dan stylish cukup kuat di rak ini, yang membuat buku-buku dan pernak-pernik di ruangan itu menjadi tidak berantakan. Semua jadi terpusat dan tertata di rak.

Di satu sisi, modelnya yang terbuka (bahkan penutup bagian belakangnya pun tidak ada) sekilas membuat sebagian kita akan menilai kurang rapi, karena barang-barangnya langsung terlihat. Kecuali penataannya memang benar-benar rapi. Tapi di sisi lain, rak ini disukai karena kita jadi lebih gampang dalam mengambil dan meletakkan kembali barang di sana, tanpa penghalang.

Yuk, sekarang kita intip 2 drakor itu. Bukan jalan ceritanya yang kita bahas, melainkan sekilas tentang karakter utama yang bermain di sana, aktivitasnya, hingga barang-barang yang ada di sekelilingnya, yang berujung cara penataan di rak susun terbuka miliknya. 

Drakor 1: Lovely Horribly

Karakter Oh Eul-soon berprofesi sebagai screenwriter serial drama. Untuk menguatkan karakternya, setting rumahnya dipenuhi dengan banyak buku. Buku-buku itu disusun di sebuah rak susun terbuka yang ada di area kerjanya. Eul-soon menyusun buku dengan cara kombinasi: ada yang ditumpuk ke atas, dan ada juga yang disusun ke samping.

Rak susun terbukanya ini bisa menampung banyak buku. Bahkan penyimpanan barang bisa dimaksimalkan hingga ke tingkat paling atas. Strukturnya juga kokoh.

Rak serupa juga dipakai oleh karakter selanjutnya yaitu Lee Sung-joong di rumahnya. Tapi rak ini lebih dimaksimalkan fungsi penyimpanan barang hanya di empat tingkat saja. Tingkat paling atas difungsikan sebagai tempat meletakkan pajangan bergaya minimalis. Hasilnya, rak terlihat lebih stylish.

Rak berikutnya agak berbeda dari sisi warna. Karakter Ki Eun-young memakai kombinasi rak 5 tingkat dan 4 tingkat yang diguyur warna putih, baik pada frame maupun papannya. Buku-buku disusun satu arah, berjejer rapi ke samping. Tingkat paling atas dibiarkan kosong. Secara keseluruhan ruangan terlihat lebih rapi dan minimalis.

Drakor 2: Memories of the Alhambra

Karakter Jung Se-joo berprofesi sebagai programmer game AR (augmented reality) yang jenius. Tak heran jika kamarnya banyak dipenuhi barang IT seperti: tas laptop, sound system, CPU komputer, CD games, dan sebagainya. Semuanya disimpan di rak susun terbuka yang ada di kamarnya.

Untuk barang-barang yang sudah lama, seperti CPU bekas, sound system lama, hingga radio tua, semua disimpan di ruangan terpisah. Tapi tetap disusun rapi menggunakan rak 5 tingkat. Dia punya tips sederhana untuk penyimpanan barang-barang yang berukuran kecil, yaitu dikumpulkan jadi satu di dalam kotak. Ini akan terlihat lebih rapi dan tidak tercecer.

Inspirasi storage dalam bentuk rak susun terbuka ala drama Korea untuk merapikan dan memajang buku-buku dan pernak-pernik lainnya di kamar, ruang keluarga, atau di area kerja Anda ini cukup layak dicoba.

Jika tertarik mencobanya, Anda bisa merancang sendiri rak susun terbuka dengan material paduan besi dan kayu itu. Pastikan ukuran-ukurannya akurat agar benar-benar sesuai dengan kondisi ruangan Anda. 

Setelah mendapatkan gambaran awalnya, Anda bisa konsultasikan ke tim Rancang Mebel agar ide dan rancangan Anda itu bisa tertangani dengan benar. Selanjutnya biarkan tim Rancang Mebel bekerja guna mewujudkan rak susun terbuka ala drama Korea hasil rancangan Anda itu.  

Whatsapp Telepon SMS