Dapur Basah dan Dapur Kering, Apa Bedanya?

Dapur Basah dan Dapur Kering, Apa Bedanya?

Pada desain rumah-rumah modern saat ini, dapur tak melulu jadi tempat untuk memasak saja, dapur juga digunakan sebagai tempat untuk bercengkerama bersama keluarga dan juga teman, sembari menikmati snack dan secangkir kopi panas.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, di rumah-rumah yang memiliki luas bangunan yang mencukupi, akan disediakan dua jenis dapur, yaitu dapur basah dan dapur kering. Apa itu dapur basah dan dapur kering?
Berikut ini adalah perbedaan antara dapur basah dengan dapur kering, yang dilihat dari fungsinya, ukuran ruangan yang digunakan, posisinya di dalam rumah, intensitas penggunaannya, dan juga cara perawatannya. 

Dapur Basah
FUNGSI. Dapur basah ini kadang juga disebut sebagai dapur kotor. Secara fungsinya, dapur basah digunakan untuk mengolah makanan, mulai dari mentah sampai menjadi matang. Dalam proses memasak, yang dilakukan di dapur ini adalah mulai dari mencuci bahan makanan, memotong-motongnya, pemberian bumbu, dan proses menggoreng atau memasaknya. Semua proses itu tentu akan menghasilkan sisa bahan makanan dan juga peralatan masak yang kotor karena penggunaannya.

UKURAN. Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, ukuran ruangan dapur basah biasanya lebih besar dibandingkan dapur kering, karena memang butuh space lebih luas. Jika ukurannya sempit, proses memasak menjadi kurang nyaman.

POSISI. Dapur basah biasanya berada di area paling belakang di sebuah bangunan rumah, bahkan jika perlu bangunannya terpisah. Dapur basah ini seperti ruangan rahasia yang tidak untuk diperlihatkan ke tamu.

PENGGUNAAN. Intensitas penggunaan dapur basah ini sangat sering. Dalam sehari, biasanya minimal 1x atau 2x dapur basah digunakan untuk memasak. 

PERAWATAN. Karena fungsi dan intensitas penggunaannya, dapur basah membutuhkan perawatan ekstra, dalam arti harus selalu dibersihkan karena proses memasak menghasilkan sisa makanan, kotoran pada peralatan masak yang digunakan, dan juga bekas tetesan atau cipratan minyak goreng di lantai dan dinding di area kompor.

Dapur Kering
FUNGSI. Dapur kering ini kadang juga disebut sebagai dapur bersih, karena memang hampir selalu tampak bersih dan rapi. Secara fungsinya, dapur kering digunakan untuk membuat sajian makanan dan minuman yang simple dan gampang untuk disajikan. Dapur kering ini juga bisa berfungsi seperti bar dan menjadi salah satu spot favorit untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

UKURAN. Karena kebutuhan aktivitasnya tidak banyak, kebutuhan ukuran ruangan untuk dapur kering juga tidak perlu luas, berbeda dengan dapur basah.

POSISI. Berbeda dari dapur basah, dapur kering malah cocok diposisikan dekat ruang keluarga. Hal ini memudahkan kita untuk menyiapkan makanan untuk disajikan. Apalagi jika kita sedang berkumpul bersama keluarga maupun teman.

PENGGUNAAN. Intensitas penggunaan dapur kering ini tidak sering. Dalam sehari, rata-rata hanya 1x di saat sarapan pagi. Selain itu mungkin hanya untuk membuat minuman saat ada tamu.  

PERAWATAN. Dilihat dari fungsi dan intensitas penggunaannya, dapur kering tidak butuh untuk selalu dibersihkan. Paling hanya butuh mengelap ketika ada tumpahan minuman, dan dibersihkan normal seperti ruangan-ruangan lainnya.

Setelah mengetahui perbedaan antara dapur basah dengan dapur kering, yang dilihat dari fungsi, ukuran ruangan yang digunakan, posisi di dalam rumah, intensitas penggunaan, dan cara perawatannya, Anda bisa membayangkan dan merencakanan pengimplementasiannya di rumah Anda sesuai kebutuhan.

Untuk kebutuhan furniture di dapur basah dan kering, Anda bisa berkonsultasi tentang desain dan ukuran paling pas ke tim Rancang Mebel untuk hasil yang memuaskan.

Whatsapp Telepon SMS