Kayu Jati Belanda, Bukan Berasal dari Belanda!

Kayu Jati Belanda, Bukan Berasal dari Belanda!

Ayo kenalan dengan jati Belanda! Apa bedanya jati Belanda dengan jati Jawa?

1. Tidak Berasal dari Belanda

Kayu jati Belanda ternyata bukan berasal dari Belanda, kayu ini biasanya merupakan kayu impor dari luar negeri. Asumsi orang dulu sering mengasosiasikan luar negeri dengan Belanda, padahal tidak seluruh kayu jati Belanda diimpor dari Belanda, bisa juga dari Jepang dan Jerman.

2. Jati Belanda Tidak Sama dengan Kayu Jati

Kayu jati Belanda bukan merupakan kayu jati, melainkan kayu pinus atau pinewood. Kayu jati Belanda sering digunakan sebagai kayu palet atau kayu peti kemas.

3. Jenis Kayu Jati Belanda

pohon pinus

Sebagian besar kayu Jati Belanda tumbuh di Amerika dan benua Asia (Bukan Belanda), termasuk Indonesia. Di Indonesia pohon ini banyak tumbuh di daerah Sumatera jenis Pinus merkusii. Jenis kayu pinus yang sering digunakan Pinus radiata (impor dari New Zealand) dan Pinus merkusii. Saat ini, pohon pinus juga telah diternak secara khusus atau dibudidayakan secara masal dengan kualitas yang lebih padat dan mengandung resin serta lebih ramah lingkungan.

4. Memiliki Nama Lain

Kayu jati belanda sering disebut dengan kayu jati Londo, yang merupakan istilah Jawa untuk kata Belanda. Selain itu kayu jati Belanda sering disebut sebagai kayu jati Madura, karena sering diperjual belikan oleh pedagang beretnis Madura.

5. Karakteristik

Kayu jati Belanda memiliki bobot yang sangat ringan, memiliki warna yang cerah seperti kuning muda atau krem kayu, memiliki serat kayu yang halus.

Termasuk dalam jenis kayu lunak sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan. Daya Tarik kayu jati Belanda terletak pada alur urat dan mata kayunya yg khas.

6. Awet

Kayu jati Belanda tahan lama, memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca, maupun factor lain yang menyebabkan kayu mudah lapuk.

7. Mudah ditemukan

Kayu Jati belanda mudah ditemukan, karena masa panennya lebih cepat dari kayu lainnya. Hanya dalam waktu 10 tahun, jati Belanda sudah dapat dipanen dan digunakan untuk membuat furniture.

8. Harga Lebih Murah

Karena mudah ditemukan, harga jati Belanda murah. Umumnya, jati Belanda banyak dijual dalam bentuk kayu palet yang digunakan sebagai kemasan produk ekspor.

Whatsapp Telepon SMS