Kelebihan dan Kekurangan Finishing: HPL, Cat Duco, Melamik

Kelebihan dan Kekurangan Finishing: HPL, Cat Duco, Melamik

Dari pengamatan dan pengalaman kami dalam melayani customer, dalam hal finishing furniture kayu, kebanyakan dari mereka lebih memilih menggunakan HPL (High Pressure Laminate), cat duco, dan melamik. Tiga pilihan tersebut yang paling banyak diminati, dan tentang tiga pilihan finishing itu pula lah pertanyaan-pertanyaan sering bermunculan dari customer.

Rata-rata customer meminta masukan dari kami tentang ketiga pilihan finishing itu. Mana yang terbaik? Untuk itu kami rangkumkan kelebihan dan kekurangan dari finishing HPL, cat duco, dan juga melamik.

Finishing HPL

Finishing HPL, Cat Duco, Melamik
Ini adalah metode sentuhan akhir pada furniture kayu dengan menggunakan laminasi tekanan tinggi. Furniture yang biasa mengaplikasikan finishing HPL adalah permukaan meja, rak kabinet, lemari, kitchen set, hingga backdrop TV.

Kelebihan Finishing HPL

Berikut ini adalah kelebihan dari finishing HPL untuk furniture kayu:

1. Tahan Air
Selain tahan gores, HPL juga tahan air. Permukaan HPL (bukan sambungannya), tidak akan rusak atau berubah warna jika terkena air atau minyak.

2. Tahan Gores
Finishing HPL ini punya ketahanan cukup bagus terhadap goresan benda tajam. Tahan goresan, bukan berarti anti goresan.

3. Mudah Dibersihkan
Untuk membersihkan HPL, cukup dilap dengan cairan pembersih furniture biasa. Tidak perlu perawatan rumit-rumit.
 
4. Mudah Diperbaiki
Selain gampang merawatnya, memperbaiki HPL juga mudah. Penting untuk melihat tingkat kerusakannya. Jika ada bagian HPL yang retak, lepas lapisan HPL dengan thinner,ganti dengan lapisan HPL baru. Anda bisa memanggil tukang jika ragu.    

5. Harga Terjangkau
Walau penampilannya elegan, HPL tetap ramah di kantong, kok. Perabotan yang dilengkapi finishing HPL harganya cukup terjangkau.

6. Warna & Motif Beragam
HPL tersedia dalam banyak pilihan warna dan motif, sehingga Anda lebih mudah  menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

7. Pengerjaan Cepat
Proses pengerjaan furniture dengan finishing HPL biasanya tidak butuh waktu lama. Tidak tergantung dengan sinar matahari.

Kekurangan Finishing HPL

Berikut ini adalah kekurangan dari finishing HPL untuk furniture kayu:

1. Bagian Sudut Rentan
Bagian yang mempertemukan dua sisi pada furniture dengan lapisan HPL adalah bagian paling mudah rusak, atau istilahnya “compel”. Bagian ini bisa mudah pecah jika tidak dikerjakan dengan baik.

2. Tidak Terlalu Tahan Panas
Sebenarnya finishing HPL ini cukup tahan pada suhu panas. Tapi jika paparan panasnya terlalu lama, maka lemnya berkurang daya rekatnya, dan akhirnya tempelan HPL terlepas.  

3. Tidak Cocok untuk Outdoor
Karena tidak terlalu tahan terhadap suhu panas, maka furniture dengan finishing HPL kurang cocok jika diletakkan di luar ruang.

4. Terkesan Pasaran
Karena finishing dengan HPL ini sangat digemari dan banyak digunakan, akibatnya penggunaan sentuhan akhir dengan HPL pada furniture menjadi terkesan sejuta umat alias pasaran . 

Finishing Cat Duco

Finishing HPL, Cat Duco, Melamik
Ini adalah metode sentuhan akhir pada furniture kayu dengan menggunakan cat warna solid, yaitu duco. Finishing ini akan menutup seluruh warna dan serat kayu menjadi warna baru, yaitu warna cat tersebut. Furniture yang biasa mengaplikasikan finishing cat duco adalah daun pintu, jendela, kusen, rak kabinet, rak buku, partisi, dan lemari.

Kelebihan Cat Duco Kayu

Berikut ini adalah kelebihan dari finishing cat duco untuk furniture kayu:

1. Banyak Pilihan Warna Solid
Warna cat duco tersedia dalam banyak pilihan warna. Biasanya ada 24 pilihan warna untuk setiap merek.

2. Warna Cat Duco Bisa Dicampur
Selain banyak pilihan warna, Anda juga bisa mendapatkan beragam warna baru, bahkan warna yang sebelumnya belum pernah ada, karena cat duco bisa dicampur-campur. Ini adalah salah satu kelebihannya.

3. Hasil Akhirnya Bisa Disesuaikan
Finishing dengan cat duco, Anda dapat menentukan hasil akhirnya apakah akan dibuat glossy atau doff. Kelebihan untuk hasil akhir glossy, Anda dapat dengan mudah membersihkan kotoran yang menempel.

4. Ekonomis
Cat duco dapat dipilih berdasarkan jenisnya, yaitu solvent-based (berbasis campuran zat kimia homogen) dan water-based (berbasis campuran air). Pilihan solvent-based lebih murah harganya. Water-based lebih mahal karena mudah dan cepat kering, sehingga hemat waktu produksi.

5. Dapat Menutupi Permukaan Kayu Rusak
Cat duco dapat berfungsi sebagai penutup permukaan kayu yang tidak rata, rusak, ada banyak cacat warna, atau belang akibat jamur.

6. Lapisannya Tebal dan Kuat
Cat duco hanya akan menempel pada permukaan kayu, tidak meresap ke pori-pori. Hal ini menghasilkan lapisan yang cukup tebal sehingga dapat melindungi permukaan kayu dengan baik.

7. Cocok di Segala Jenis Kayu
Cat duco bisa diaplikasikan ke segala jenis kayu dan akan menempel dengan baik. Kelembapan kayu harus diperhatikan untuk hasil optimal.

Kekurangan Cat Duco Kayu

Berikut ini adalah kekurangan dari finishing cat duco untuk furniture kayu:

1. Proses yang Cukup Lama
Proses pengecatan dengan cat duco cukup lama karena lapisan coating yang dibentuknya cukup tebal. Anda perlu spare waktu seharian. 

2. Tidak Bisa Menampilkan Keindahan Kayu
Yang harus disadari penggunaan cat duco ini akan menghilangkan warna dan serat keseluruhan dari kayu. Artinya kayu yang mahal akan tertutup keindahannya setelah diaplikasikan dengan cat duco.

3. Harus Teliti dan Hati-Hati
Kekurangan dari cat duco ini adalah tidak bisa digunakan asal-asalan, melainkan harus hati-hati, teliti, dan sedetail mungkin. Misalnya jika hasil cat tidak rapi atau bergelombang, maka saat kering akan mengakibatkan keretakan.

4. Produk Penyertanya Banyak
Cat duco tidak bisa digunakan sendiri. Setidaknya ada beberapa produk yang menyertainya, mulai dari dempul, primer, cat duco, hingga top coat. Semua bahan tersebut harus digunakan untuk hasil maksimal. 

5. Bisa Picu Penyakit Berbahaya
Saat proses produksi, paparan bahan cat duco yang disemprotkan jika terlalu sering terhirup dapat mengancam kesehatan, antara lain kanker paru-paru dan kanker tenggorokan.

Finishing Kayu Melamik

Finishing HPL, Cat Duco, Melamik
Ini adalah metode sentuhan akhir pada furniture kayu dengan menggunakan cat melamik, yang masuk ke bagian finishing jenis transparan alias clear finish. Pengaplikasiannya bisa menggunakan spray, yang menghasilkan finishing yang halus dan merata dan tetap dapat menampilkan keindahan alami pada serat kayu. Finishing melamik biasanya diterapkan di meja, kursi, pintu, dan partisi.

Kelebihan Melamik

Berikut ini adalah kelebihan dari finishing melamik untuk furniture kayu:

1. Finishing melamik dapat menampilkan keindahan serat kayu.
2. Finishing melamik menghasilkan permukaan kayu yang sangat halus. Hal ini karena pori-pori dari kayu tertutup.
3. Finishing melamik memberikan kesan mewah pada furniture kayu.    

Kekurangan Melamik

Berikut ini adalah kekurangan dari finishing melamik untuk furniture kayu:

1. Finishing melamik tidak bisa diaplikasikan untuk furniture eksterior.
2. Furniture yang sudah pernah dilakukan finishing melamik akan sulit dilapis ulang.
3. etelah pengaplikasian finishing melamik, furniture akan sangat berbau yang menyengat dan perih di mata.


Setelah mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari finishing HPL, finishing cat duco, dan finishing melamik, Anda dapat menentukan jenis finishing mana yang paling cocok dan sesuai dengan selera Anda untuk furniture kesayangan Anda. Selanjutnya Anda dapat menghubungi Rancang Mebel untuk melakukan finishing tersebut dengan hasil terbaik.

Whatsapp Telepon SMS