Mengenal Kayu Bengkirai Lebih Berat dari Kayu Jati

Mengenal Kayu Bengkirai Lebih Berat dari Kayu Jati

Kayu Bengkirai atau biasa di luar negeri disebut sebagai Yellow Balau. Kayu ini banyak di temukan di Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Ciri – Ciri Kayu Bengkirai

Pohon Bangkirai bisa berdiameter hingga 120 cm dan tinggi pohon dapat mencapai 40 meter. Diameter rata – rata 70 – 90 cm.

Kayu Bengkirai berwarna kuning, kadang agak kecoklatan. Kekerasan kayu Bengkirai cukup tinggi, antara 880-990 kg/m3 pada kekeringan MC 12%. Bahkan bisa mencapai 1050 kg/m3.

Proses pengeringan Bengkirai dengan suhu normal adalah 12-25 hari. Resiko paling besar adalah kayu melengkung atau bahkan retak pada saat masih di dalam ruang oven.

Kayu Bengkirai memiliki bobot lebih berat daripada kayu jati. Meskipun kayu bengkirai memiliki potensi retak yang tinggi, namun kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan mudah, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang tidak akan mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri.

Pengolahan Mudah Kayu Bengkirai          

Meskipun bobot kayu Bengkirai lebih berat daripada kayu jati, namun kayu ini sangat mudah diolah. Kayu bengkirai dapat diserut, diukir, dan dipotong dengan mudah, sehingga menjadi favorit para pengrajin kayu.

Durabilitas Tinggi

kayu bengkirai

Karena kayu Bengkirai memiliki durabilitas yang cukup tinggi sehinggi seringkali digunakan untuk keperluan eksterior rumah seperti atap, decking hingga atap rumah. Selain itu kayu Bengkirai sering dipakai untuk keperluan konstruksi berat seperti jembatan, bantalan rel kereta, hingga perkapalan.

Harga Ekonomis

Memiliki ketahanan prima yang tak kalah dengan kayu jati, kayu bengkirai dijual dengan banderol yang jauh lebih ekonomis. Dengan harga mulai Rp 30.000 per batangnya dalam ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm, tentu kayu bengkirai menjadi solusi sempurna untuk kamu yang ingin menciptakan hunian berkonsep natural tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. 

Memiliki ketahanan yang baik dan tampilan yang sangat menawan, kayu bengkirai merupakan material sempurna untuk dijadikan material eksterior hunian maupun perabotan khusus outdoor. Nah, apakah kamu tertarik memanfaatkan kayu bengkirai untuk mempercantik hunian?

Kayu Bengkirai untuk Hunian Estetik

Dengan karakter warna kuning kecoklatan, kayu bengkirai menawarkan keindahan melalui kesan natural yang kasual, tidak berlebihan, bahkan sangat ideal untuk ditimpa menggunakan berbagai warna cat. Selain itu, warna netral dari kayu bengkirai juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih estetik di berbagai gaya dan konsep hunian, baik itu melalui lantai ataupun aneka furnitur, seperti meja dan kursi.

Whatsapp Telepon SMS