Pentingnya Garansi pada Pembuatan Furniture

Pentingnya Garansi pada Pembuatan Furniture

Ceritanya saat ini Anda baru senang bersantai di ruang keluarga sembari membaca buku atau browsing-browsing info terkini dari laptop. Anda duduk di sebuah sofa baru yang didesain khusus. Sofa model reclining ini dilengkapi meja laptop atau meja tulis yang bisa dilipat dan disimpan rapi di bagian sandaran siku sebelah kanan.

Belum genap 3 bulan digunakan, meja laptop tersebut tiba-tiba patah saat dilipat dengan sedikit terburu-buru. Yahh, menyesal tentu saja dengan kejadian itu. Andai saja tak terburu-buru melipatnya, pasti tidak patah.

Apa yang sekarang harus Anda lakukan? Apakah membiarkan meja lipat itu rusak dan tidak berfungsi lagi? Sayang sekali. Apakah memperbaikinya sendiri? Mana mungkin. Apakah memanggil tukang servis untuk memperbaikinya? Wah, tentu harus keluar biaya lagi.

Garansi Itu Penting

Tiba-tiba Anda ingat saat proses finishing pembuatan sofa tersebut. Tim dari Rancang Mebel -- jasa pembuat furniture custom profesional tempat sofa tersebut diproduksi -- menyampaikan informasi tentang pemberian garansi jika ada kerusakan dalam penggunaan sofa tersebut. Tak tanggung-tanggung, garansi yang diberikan adalah selama 3 bulan. Kerusakan apa pun akan dijamin dan ditanggung penuh oleh Rancang Mebel.

Anda pasti bersyukur dengan adanya garansi atau jaminan itu. Tak perlu repot, Anda tinggal menghubungi tim Rancang Mebel dan menyampaikan keluhan Anda tentang kerusakan sofa yang Anda alami. Petugas akan datang ke rumah Anda, dan segera melakukan perbaikan hingga meja lipat berfungsi kembali seperti semula. 

Klaim Garansi Furniture

Sesuai yang telah disampaikan tim Rancang Mebel kepada Anda sebagai customer, Rancang Mebel memberikan garansi selama 3 bulan, yang berlaku sejak barang diantar atau dipasang.

Tapi tidak semua kerusakan bisa diklaim dalam garansi, tergantung penyebab atau proses terjadinya kerusakan itu. Beberapa jenis kerusakan yang tidak masuk garansi adalah sebagai berikut:

  • Furniture terkena goresan atau benturan, sehingga bagian tersebut tidak bisa berfungsi lagi. Ini adalah kesalahan customer, bukan berupa kelemahan produk atau kesalahan produksi.
  • Kain sofa sobek akibat goresan benda tajam. Ini juga tidak bisa mendapat hak klaim garansi.

Syarat Mengajukan Klaim Garansi

Untuk mengajukan klaim garansi atas kerusakan produk furniture Anda ke Rancang Mebel, berikut ini adalah syarat-syaratnya:

  • Pengajuan klaim tidak melewati masa garansi, yaitu 3 bulan.
  • Garansi tidak mencakup kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan.
  • Garansi hanya berlaku untuk customer Rancang Mebel.
  • Jika kerusakan terjadi setelah melewati masa garansi (setelah 3 bulan), maka perbaikan tersebut akan dikenakan biaya layanan, sesuai ketentuan yang berlaku.

Tata Cara Klaim Garansi

Setelah mengetahui syaratnya, berikut ini adalah tata cara mengajukan klaim garansi ke Rancang Mebel:

  • Anda sebagai customer cukup menghubungi customer service (CS) Rancang Mebel dan menceritakan kerusakan yang terjadi. Apa pun keluhan Anda akan ditanggapi dengan baik dan respon yang cepat.
  • Anda akan diminta untuk mengirimkan foto bagian yang rusak dari furniture yang Anda keluhkan tersebut dan juga alasan atau proses terjadinya kerusakan tersebut.
  • Teknisi dari Rancang Mebel akan mengajak Anda berdiskusi tentang solusi perbaikan kerusakan tersebut, yang mungkin bisa Anda tangani sendiri.
  • Jika ternyata panduan singkat dari teknisi tidak berhasil membuat Anda menangani kerusakan tersebut, maka teknisi akan datang langsung ke rumah Anda untuk mengecek bagian yang rusak.
  • Jika kerusakan memang benar disebabkan oleh kelalaian dari teknisi, maka kerusakan akan langsung diperbaiki oleh teknisi.

Cara Rancang Mebel Menanggapi Komplain

Jika ada telepon masuk dari customer yang mengajukan komplain atau menanyakan tentang proses klaim garansi dari produk furniture yang rusak, maka tim CS Rancang Mebel akan selalu menanggapi dengan baik dan ramah. 

Berikut ini adalah proses penanganan komplain dan klaim garansi di Rancang Mebel, sebagai berikut:

  • Tim CS akan menyambut customer yang komplain dengan baik, dan menanyakan dengan detail keluhan yang akan disampaikannya. Karena komplain bisa berupa:
    • Ada bagian yang terlewat
    • Ada ketidaksesuaian desain
    • Salah ukuran pada bagian tertentu
    • Atau, waktu pengerjaan yang tidak tepat sesuai yang disepakati
  • Setelah mengetahui detail masalah customer, tim CS akan segera menghubungi tim teknisi untuk meminta konfirmasi mengenai masalah tersebut. 
  • Setelah mendapat penjelasan dari tim teknisi, maka tim CS akan mengonfirmasikan kembali ke Anda dan menjelaskannya secara detail.
  • Tim CS akan menyampaikan permintaan maaf kepada Anda, jika kerusakan aau kesalahan yang terjadi tersebut adalah kelalaian dari pihak teknisi. 
  • Tim CS akan memberikan klarifikasi hasil diskusi dengan Anda kepada tim teknisi, dan meminta tim teknisi segera melakukan perbaikan.

Itulah pentingnya garansi atau jaminan pada pembuatan furniture. Anda juga mendapatkan gambaran tentang klaim garansi, syarat-syarat dan tata cara mengajukan klaim garansi, sehingga Anda tidak perlu dirugikan dan mengeluarkan biaya atas perbaikan kerusakan furniture kesayangan Anda.

Jika Anda mempunyai ide furniture yang tidak pasaran dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sekeluarga, Anda bisa diskusikan dengan tim Rancang Mebel untuk dapat segera mewujudkannya. Jangan lupa, ingatkan tentang garansi jika tim Rancang Mebel belum menginformasikannya.

Whatsapp Telepon SMS