WFH Lebih Produktif, Inilah Tips Desain Ruang Kerja di Rumah yang Inspiratif

WFH Lebih Produktif, Inilah Tips Desain Ruang Kerja di Rumah yang Inspiratif

Working from Home (WFH) untuk sebagian pegawai kantoran masih tetap harus dilakukan. Entah sampai kapan pandemi “menghukum” kita dengan cara seperti ini. Kita hanya bisa mengharap semoga ada hikmah di balik semua ini.

Salah satu hikmah kecil yang bisa dipetik adalah Anda didorong untuk memiliki ruangan kerja khusus di rumah. Ruang kerja ini tidak bisa asal-asalan. Agar kegiatan WFH ini berjalan produktif, ruang kerja di rumah haruslah nyaman dan cukup memadai.

Tips Desain Ruang Kerja di Rumah
Berikut ini ada sejumlah tips dan inspirasi desain ruang kerja di rumah. Anda bisa mengaplikasikan ide-idenya di rumah Anda untuk mencapai kenyamanan dan produktivitas saat bekerja dari rumah.

  1. Posisi Ruang Kerja
    Posisi menentukan prestasi, juga berlaku untuk ruang kerja Anda di rumah. Sesuaikan dengan aktivitas Anda selama bekerja. Jika Anda ingin berkonsentrasi penuh tanpa gangguan saat bekerja, Anda bisa memilih ruangan di sudut belakang rumah, atau tentukan di lantai atas. Tapi jika saat bekerja Anda sering menerima tamu, posisi ruang kerja bisa bersebelahan dengan ruang tamu.
     
  2. Pencahayaan Cukup
    Letakkan meja kerja Anda di dekat jendela, sehingga cahaya matahari bisa cukup menerangi aktivitas Anda selama bekerja. Lebih baik jika cahaya bisa menerangi seluruh ruangan kerja. Ingat, Anda bekerja seharian penuh, jadi penggunaan lampu yang terus-menerus akan menambah pengeluaran listrik Anda. Tapi jika kurang memungkinkan mengundang cahaya masuk, sebaiknya gunakan lampu meja agar mata Anda tetap sehat.
     
  3. Tema Ruangan
    Penentuan tema ruangan ini penting untuk meningkatkan mood Anda dalam bekerja di rumah. Ini terkait dengan warna, tata letak, dan dekorasi ruangan kerja Anda. Untuk warna, pilihan cat tembok biru diyakini bisa menambah konsentrasi Anda. Tata letaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

    Tambahkan tanaman hijau agar ruangan kerja Anda lebih segar. Pemasaangan akuarium juga jadi pilihan cerdas, selain ruangan kerja lebih indah, Anda bisa menghilangkan jenuh dengan memandanginya sejenak.

    Anda yang sering melakukan meeting online dengan aplikasi seperti Zoom, bisa memasang green screen di dinding di bagian belakang kursi kerja. Anda bisa memanfaatkan fitur virtual background secara optimal dengan menggunakan layar berwarna hijau ini.
     
  4. Pilihan Furniture
    Anda tidak harus memaksakan untuk menggunakan furniture-furniture ala kantor di ruangan Anda. Pilihlah saja furniture yang berdesain minimalis yang sesuai selera dan kebutuhan, agar ruang kerja tidak menjadi sempit. Untuk standar luas meja kerja sebaiknya memakai ukuran 150 x 120 cm, dengan tinggi 70-75 cm. Anda bisa berinvestasi untuk kursi kerja. Sebaiknya pilihlah yang ergonomis agar Anda nyaman duduk seharian di sana.
     
  5. Lemari Penyimpanan
    Fungsi lemari atau rak di ruang kerja ini sangat penting. Selain untuk meletakkan beragam dokumen-dokumen penting yang mudah diakses, secara umum ruangan kerja akan terlihat lebih rapi, tidak berantakan.
     
  6. Partisi Penambah Konsentrasi
    Jika space ruangan kerja Anda menyatu dengan ruangan lain, sebaiknya tambahkan partisi solid, atau lebih tepatnya sekat. Selain memberi tanda pemisah antara ruangan kerja dengan ruangan lain, Anda pun akan lebih konsentrasi fokus ke pekerjaan selama bekerja.
     
  7. Siapkan Ruang Meeting
    Walau meeting sering dilakukan melalui aplikasi online, ada kalanya diperlukan meeting dengan bertemu langsung. Jika Anda ingin membedakan tamu rumah dengan tamu di pekerjaan Anda, siapkan saja sofa atau kursi untuk 2-3 tamu. Letakkan di sudut ruangan kerja, dan fungsikan sebagai area untuk meeting.
     
  8. Unsur Personal
    Meski ruangan kerja, Anda tetap perlu memasukkan unsur personal di situ, untuk menunjukkan karakter Anda dan mendongkrak semagat kerja Anda.

Anda bsia menerapkan sejumlah tips dan inspirasi desain ruang kerja tersebut di rumah Anda. Ciptakan ruangan kerja minimalis, fungsional, profesional, sekaligus dengan sentuhan personal. Alhasil produktivitas kerja Anda akan terjaga, bahkan meningkat selama aktivitas WFH ini. Jika ada inspirasi furniture yang tidak pasaran untuk diletakkan di ruangan kerja Anda, silakan konsultasikan rancangan Anda tersebut ke tim Rancang Mebel untuk segera diwujudkan di ruangan kerja Anda.

Whatsapp Telepon SMS