Yuk Simak 7 Cara Merawat Furniture Kayu!

Yuk Simak 7 Cara Merawat Furniture Kayu!

Furniture kayu memang masih menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi perabotan di rumah. Namun merawat furniture kayu tentu tidak semudah merawat perabotan dari besi ataupun plastik. Jika tidak dirawat dengan baik, maka furniture akan rentan terkena jamur, dimakan rayap, dan mudah retak.  Namun tak perlu khawatir Tim Rancang Mebel sudah mengumpulkannya Tips Merawat Furniture Kayu untuk Anda.

1. Rutin Bersihkan Debu

Perhatikan furniture di rumah Anda. Jangan diamkan ketika furniture kayu sudah berdebu karena bisa menyebabkan mudah keropos bila tidak pernah dibersihkan. Untuk menjaga ketahanan furniture, ada baiknya membersihkan furniture kayu dengan rutin. Bersihkan furniture kayu menggunakan kain yang lembut. Hindari memakai lap berbahan silikon karena bisa menyebabkan lecet serta merusaknya.

2. Bersihkan Furniture dengan Cairan Pembersih Kayu

Saat ingin membersihkan perabotan kayu sebaiknya pilih sabun pembersih khusus kayu. Hal ini untuk memastikan bahwa pembersih tersebut memang bagus digunakan untuk merawat kayu. Jika menggunakan cairan pembersih kayu yang tidak sesuai, maka warna permukaannya akan mudah memudar. Gunakan produk pembersih tiga kali seminggu untuk menjaga furniture agar tetap awet.

3. Segera Keringkan dari Air

Gelas minuman seringkali meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Jika dibiarkan, noda ini akan tertinggal permanen dan merusak keindahan tekstur kayu alami. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari. Alternatif lain adalah dengan membakar biji kemiri hingga minyaknya keluar, kemudian hancurkan dengan cara dipukul-pukul, lalu usapkan pada noda.

4. Jauhkan Furniture dari Sinar Matahari

Sinar matahari yang datang melalui jendela bisa merusak perabot kayumu. Sinar matahari dapat memudarkan dan menghancurkan perabot tersebut dari waktu ke waktu.

5. Manfaatkan Semir Sepatu

Manfaatkan semir sepatu untuk menyembunyikan retak-retak pada furniture yang sudah lama. Pilih warna yang sama seperti permukaan furniture Anda. Ketika musim hujan, sebaiknya masukkan kursi kayu ke dalam rumah agar tidak terkena air langsung saat musim hujan.

6. Gunakan Kuas atau Sikat Gigi untuk Bagian yang Tidak Terjangkau

Pada dasarnya, furniture kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun saja. Namun terkadang ada debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Gunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian tersebut.

7. Lapisi dengan Pengkilap Furniture

Untuk menjaga material kayu agar tetap mengkilat dengan kelembapan yang tepat, jangan lupa untuk menambahkan cairan pengkilap furnitur. Cairan pelapis furnitur ini tersedia dalam berbagai jenis pembersih, bisa berupa cairan, minyak maupun lotion. Gunakan kain halus untuk menggosok dan melapisi permukaan furnitur. Anda juga bisa melakukan pengecatan ulang pada furnitur kayu yang sudah terlihat kusam.

Whatsapp Telepon SMS