6 Kesalahan Memilih Furnitur yang Harus Anda Hindari

6 Kesalahan Memilih Furnitur yang Harus Anda Hindari

Saat pindah ke rumah baru, mengisi furnitur merupakan kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Menata kursi, meja, lemari, serta ranjang menjadi hal yang paling ditunggu karena disinilah Anda bisa menuangkan kreatifitas untuk menciptakan suasana hunian yang Anda inginkan.

Namun karena terlalu bersemangat memilih furnitur hanya berdasarkan keinginan saja, banyak orang yang akhirnya salah pilih. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah membeli furnitur tanpa menyesuaikan ukurannya dengan ukuran ruangan.

Tak hanya itu, masih ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika memilih furnitur. Apa sajakah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Membeli Semua Furnitur Dalam Satu Waktu

membeli-semua-furnitur-dalam-satu-waktu

Kesalahan terbesar seseorang saat memilih furnitur adalah langsung membeli semua perabotan di waktu yang sama. Jika Anda membeli furnitur hanya di satu tempat, Anda tidak bisa lagi memilih furnitur di tempat lain.

Misal, Anda membeli semua furnitur ruang tamu di toko A. Tak lama setelah itu, Anda melihat meja yang lebih artistik di toko B. Kalau kejadian ini terjadi, apakah Anda yakin tidak akan menyesal telah membeli 1 set furnitur di toko pertama?

            (Baca juga: DIY - Cara Membuat Kitchen Set Sendiri)

Selain itu, membeli furnitur secara bersamaan juga membutuhkan budget yang besar di awal. Mencicil pembelian furnitur satu per satu akan terasa lebih mudah jika Anda  memiliki budget yang tidak terlalu besar.

Tidak Mengukur Furnitur

tidak-mengukur-furnitur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu kesalahan yang sering terjadi saat seseorang membeli furnitur adalah tidak menyesuaikan ukuran furnitur dengan ruangan. Sebelum membeli perabotan, ada baiknya jika Anda mengukur terlebih dahulu luas ruangan yang akan diisi. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan akses menuju ruangan tersebut.

Tidak Melakukan ‘Testing’ Pada Furnitur

Sebelum benar-benar memilih sebuah furnitur, akan lebih baik jika Anda mencobanya terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin membeli sofa atau tempat tidur. Cobalah untuk mendudukinya untuk mengetahui apakah kenyamanan yang diberikan sama seperti yang Anda inginkan. Jika tidak, Anda bisa beralih untuk mencari produk yang lain.

            (Baca juga: 4 Tips Memilih Rak Buku Agar Tidak Salah Pilih)

Terpengaruh Penjual

terpengaruh-penjual

Banyak yang orang membeli furnitur hanya karena penjualnya mengatakan bahwa barang tersebut sedang tren, sedang ada diskon, atau tawaran-tawaran menggiurkan lainnya. Mereka yang membeli furnitur karena terpengaruh ucapan penjual belum tentu puas dengan barang yang mereka beli.

Tidak Sesuai Gaya Hidup

Membeli furnitur bukan hanya perkara desain, namun juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup. Misalnya, Anda yang menyukai hal-hal simpel tentunya ogah memilih furnitur dengan banyak ukiran atau ornament hiasan, pun begitu sebaliknya.

Membeli 1 Set Furnitur

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin membeli furnitur langsung 1 set. Namun, ada baiknya jika Anda menggunakan perpaduan furnitur dari berbagai tempat sehingga modelnya tidak monotone.

Misalnya, Anda membeli kursi vintage di toko A kemudian membeli coffee table di toko B. Kedua toko ini tentunya memiliki perbedaan estetika. Hal inilah yang akan membuat hunian Anda terlihat lebih menarik.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat memilih furnitur.

Selain membeli furnitur jadi, Anda juga bisa membuat custom furnitur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Salah satu jasa pembuatan furnitur custom yang bisa Anda pilih adalah Rancang Mebel. Cukup dengan mengirimkan gambar desain furnitur impian Anda dan kami akan wujudkan segera!

Jelajahi inspirasi desain furnitur impian Anda di sini.

Untuk pemesanan lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Whatsapp Telepon SMS