Apa Saja Manfaat Kitchen Set? Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Apa Saja Manfaat Kitchen Set? Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Kitchen set merupakan salah satu furniture penting yang dibutuhkan dalam sebuah rumah. Keberadaan kitchen set sangat dibutuhkan untuk menyimpan semua peralatan dan perlengkapan dapur hingga makanan siap untuk disajikan.

Banyaknya alat masak dan perlengkapan bahan seringkali membuat dapur jadi terlihat berantakan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kitchen set untuk melengkapi dapur Anda!

Bagian Atas Kitchen Set, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan dapur dan alat makan yang berukuran kecil. Bagian bawah kitchen set bisa dimanfaatkan untuk peralatan dapur berukuran besar agar mudah diambil dan disimpan.

Sebelum membuat kitchen set, ada baiknya Anda mengetahui seluk-beluk tentang kitchen set, agar dapat membuat kitchen set yang efektif dan efisien.

Bagian - Bagian Kitchen Set

1. Kabinet Atas

Kabinet bagian atas dapat berbentuk tertutup ataupun rak terbuka. Bagian atas digunakan untuk menyimpan rak piring, cooker hood, ataupun bumbu dapur. Lebar kitchen set bagian atas lebih kecil daripada bagian bawah, maksimal lebarnya 45 cm. Tinggi kitchen set atas standar 75 cm.

2. Kabinet Bawah

Kabinet bagian bawah digunakan untuk menyimpan tabung gas, dan juga peralatan masak yang besar dan berat seperti panci ataupun wajan. Lebar kitchen set standar bagian bawah 60 cm.

3. Area Persiapan

Bagian untuk mengolah, memotong, membersihkan bahan masakan, mempersiapkan keperluan memasak dari tempat penyimpanan.

4. Area Memasak

Tempat memproses dan mengolah bahan masakan menjadi masakan siap saji.

5 Area Penyajian

Tempat meletakkan makanan setelah selesai dimasak.

6. Top Table Kitchen Set

top table granit

Merupakan lapisan pada meja atas pada cabinet bawah kitchen set, terbuat dari marmer, granit, solid surface ataupun kayu solid.

7. Backsplash Kitchen Set

Backsplash merupakan bagian dinding antara cabinet atas dan bawah, bisa diberi keramik, kaca ataupun mozaik agar tampilan dapur lebih bagus.

8. Kitchen Island

Merupakan sebuah meja besar yang terletak di bagian tengah ruangan.

9. Kabinet

Lemari dapur terdiri dari bagian atas dan bawah, berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Bentuk - Bentuk Kitchen Set

Model kitchen set sudah banyak mengalami perkembangan sehingga bentuknya lebih bervariasi. Karena dibuat secara custom, maka bentuk kitchen set dapat menyesuaikan bentuk ruangan. Berikut ini adalah tampilan kitchen set yang biasa digunakan.

1. Kitchen Set Linear

kitchen set linear

2. Kitchen Set Letter L

kitchen set bentuk L

3. Kitchen Set Letter U.

Tips Memaksimalkan Kitchen Set

1. Beri Rak Tambahan

Apakah Anda memiliki cabinet yang tergolong lebar dan tinggi di dapur? Maksimalkan penyimpanan dengan menempatkan rak kecil seperti gambar diatas.   

2. Maksimalkan Penggunaan Pintu

Jangan biarkan pintu kitchen set dapur tanpa organizer ekstra. Dengan memberi rak tambahan di bagian pintu, kamu bisa punya ruang ekstra untuk menyimpan bumbu dapur, botol-botol tinggi dan perangkat dapur lain yang tahan suhu ruangan.

3. Beri Cantolan untuk Memudahkan Akses

Agar ruangan dibawah rak dapat dimanfaatkan, tambahan cantolan yang bisa menjadi tempat memajang cangkir cantik milikmu seperti inspirasi di atas.

Whatsapp Telepon SMS