Memaksimalkan Fungsi dan Estetika Lemari Kaca

Memaksimalkan Fungsi dan Estetika Lemari Kaca

Hampir di setiap ruang tamu, baik rumah dengan desain jadul maupun modern, Anda bisa menjumpai perabot lemari kaca di sana. Bentuk dan bahan materialnya bermacam-macam. Ada yang besar kokoh memenuhi ruangan, ada juga yang kecil di pojokan. Rata-rata terbuat dari paduan kayu dan kaca.

Barang-barang yang dipajang di lemari kaca biasanya berupa foto kenangan, buku-buku, boneka, piala, dan collectible items antara lain koleksi gelas, DVD, mobil mainan, motor mainan, hingga action figure. Bahkan ada kecenderungan memajang tanaman hias di lemari kaca. Tak jarang pula orang (baca: tamu) justru tertarik dan fokus dengan pernak-pernik pajangan tersebut ketimbang lemari kacanya itu sendiri.

Hal ini sangat wajar, karena si pemilik perabot pun kadang terkesan asal beli lemari kaca, tanpa memperhatikan lebih jauh apakah ukuran, desain, dan juga warna lemari kaca tersebut cocok dengan ruangannya atau tidak. Mampu mempercantik dan memberi kesan lega pada ruangan? Atau justru membuat ruangan jadi sempit? 

Untuk membangkitkan ide-ide dan inspirasi Anda, berikut ini ada beberapa contoh lemari kaca yang didesain sedemikian rupa yang disesuaikan dengan ruangannya, sehingga bisa benar-benar dimaksimalkan dalam fungsi dan juga estetika. Tak hanya di ruang tamu, lemari kaca juga bisa dimaksimalkan perannya di ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, hingga dapur. 

 
1. Lemari Kaca ala Gapura

lemari kaca ala gapura
Untuk memaksimalkan fungsi dan estetika, sekaligus mengakali space yang terbatas untuk meletakkan lemari, Anda bisa mendesain lemari kaca cantik ala gapura atau pintu gerbang ini. Lemari ini juga berfungsi sebagai pembatas ruangan satu dengan lainnya. Sangat elegan, terlebih jika ditambahkan pencahayaan yang pas.

2. Lemari Full Kaca Plus Roda

lemari kaca dengan roda
Lemari ini dibuat dari material kaca seluruhnya. Ada roda-roda di bagian bawahnya ang dilengkapi pengunci, yang memudahkan Anda memindahkan lemari dengan aman untuk mencegah rasa bosan dengan desain ruangan yang ada. Anda bisa memaksimalkan fungsi dan estetika lemari kaca ini sebagai partisi minimalis, baik di dalam sebuah ruangan, maupun pembatas antar-ruangan. 


3. Lemari Kaca untuk Dinding Batu

lemari kaca depan dinding
Jika ruangan Anda dihiasi dengan dinding batu alam, dan ingin tetap mengekspos kecantikannya, letakkan saja lemari kaca di depannya. Dijamin, keindahannya justru semakin terpancar. Pajangan yang diletakkan di dalam lemari ini juga harus selektif, jangan asal. 

4. Lemari Kaca Atribut Fashion

lemari kaca atribut fashion sepatu
Jika Anda mempunyai koleksi tas atau sepatu yang “layak pamer”, Anda bisa memanjakan atribut fashion andalan Anda itu dengan menyimpannya di lemari kaca khusus. Posisi lemari kaca ini bisa diletakkan di ruang keluarga atau di kamar. Ya, fungsinya mirip walk in closet. Asal jangan diletakkan di ruang tamu atau garasi, kecuali Anda berniat membuat program “garage sale”.

Tambahkan penerangan untuk semakin mempercantik tampilannya. Satu yang perlu diperhatikan, khusus untuk lemari kaca yang digunakan untuk menyimpan sepatu, pastikan sepatu dalam kondisi bersih saat menyimpannya.  

5. Lemari Kaca di Dapur

lemari kaca dapur
Agar keindahan interior rumah merata sampai ke belakang, hiasi juga dapur Anda dengan lemari kaca. Dapur dengan desain minimalis bisa dipercantik dengan pilihan lemari kaca yang terbuat dari bahan material kaca dan aluminium yang diguyur cat gelap. Tapi jangan mentang-mentang dapur, Anda lantas meletakkan sembarang bumbu dapur di lemari kaca ini ya. 

Secara fungsional, lemari kaca bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam pernak-pernik barang agar tidak tercecer dan berantakan. Selain fungsi, lemari kaca juga bisa dimanfaatkan sebagai penunjang estetika di interior rumah Anda. Tak hanya menambah keindahan ruangan, lemari kaca pun mampu memberi kesan ruangan lebih lega jika ditempatkan di posisi yang benar.

Untuk memaksimalkan fungsi dan estetika lemari kaca di ruangan rumah Anda, tim Rancang Mebel siap diajak berdiskusi seru untuk menelurkan solusi-solusi kebutuhan Anda dan menentukan yang terbaik. 

Whatsapp Telepon SMS