Menjelang Lebaran, Sulap Furniture Kayu Usang Jadi Tampak Seperti Baru

Menjelang Lebaran, Sulap Furniture Kayu Usang Jadi Tampak Seperti Baru

Beberapa alasan mengapa banyak orang menyukai dan memilih furniture atau perabot berbahan kayu untuk menghias interior rumahnya, antara lain: furniture kayu menghadirkan kesan hangat, modelnya elegan, dan tidak mengesankan ketinggalan zaman.

Namun karena faktor usia, penggunaannya yang intensif, dan juga pengaruh kelembaban udara, membuat furniture kayu Anda mulai tampak usang dan tak indah lagi. Bagian yang usang itu tak hanya pada permukaan kayu yang dicat, tapi juga menyerang bagian engsel berbahan logam yang jadi berkarat.

Jika tidak dirawat rutin, furniture kayu bisa berubah warna karena ditumbuhi jamur, yang pada akhirnya akan menjadi lapuk. Nah, sebelum kondisinya terlambat semakin parah, Anda bisa, kok, menyulap furniture kayu di rumah Anda yang sudah mulai tampak usang itu agar berubah seperti baru lagi.

Ada tips praktis yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah agar [furniture kayu lama yang usang tampak kembali baru]. Momennya pun sangat pas: menjelang bulan puasa dan lebaran.   

1. Oleskan Cairan Pembersih Kayu
Langkah pertama untuk mengatasi furniture kayu usang karena jamur adalah dengan mengoleskan cairan pembersih kayu secara merata. Prioritaskan pada bagian yang ditumbuhi jamur. Langkah ini belum tentu langsung berhasil. Anda perlu mengulanginya beberapa kali hingga jamur benar-benar hilang. 

2. Bubuhkan Alkohol di Semua Sisi
Penggunaan alkohol dapat dilakukan sebagai cara alternatif jika Anda belum menemukan cairan pembersih kayu yang berkualitas. Alkohol juga efektif membasmi jamur pada kayu hingga membuatnya mati. Caranya gampang, bubuhkan saja alkohol secara merata di semua sisi furniture.

3. Jemur Furniture di Bawah Sinar Matahari
Salah satu penyebab mengapa jamur bisa tumbuh subur pada kayu adalah pengaruh dari kelembaban udara yang tinggi. Untuk memeranginya furniture harus dijemur di bawah terik sinar matahari. Paparan sinar matahari akan menghambat pertumbuhan jamur, bahkan membuatnya cepat mati. Syaratnya, furniture tersebut harus terbuat dari kayu jati atau kayu lainnya yang tahan terhadap sinar matahari. Cukup lakukan 30 menit setiap hari.

4. Lampu, Pengganti Matahari
Terkait dengan upaya menjemur furniture, ternyata tidak semua furniture kayu boleh dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Jika ini dilanggar, kayu yang rentan terhadap sinar matahari justru bisa mengalami perubahan tekstur dan kerusakan. Lampu adalah solusinya! Pasang lampu di sekitar furniture kayu. Panas yang berasal dari lampu sedikit banyak ugamampu meminimalkan pertumbuhan jamur di permukaan furniture kayu. 

5. Gunakan Produk Penyerap Udara Lembap
Produk penyerap udara lembap juga bisa digunakan untuk mengatasi jamur pada furniture kayu, yang penyebabnya tak lain adalah karena tingginya kelembapan udara. Jika kelembapan udara berkurang, risiko pertumbuhan jamur pun dapat diminimalkan. 

Letakkan saja produk penyerap udara lembap itu di dalam lemari atau kabinet kayu yang lembap. Ganti secara teratur dengan produk baru. 

6. Letakkan Kamper
Kamper juga bisa diandalkan untuk membasmi jamur. Aroma dan kandungan bahan kamper ampuh untuk mencegah pertumbuhan jamur. So, selain produk penyerap udara lembap, letakkan juga kamper di dalam lemari atau di sekitar furniture kayu. Ganti dengan yang baru jika kamper sudah hilang wanginya atau mulai mengecil.

7. Bersihkan Karat pada Engsel
Untuk membersihkan engsel-engsel di pintu furniture kayu, lepas engsel tersebut. Setelah dilepas, pisahkan engsel dari bautnya. Letakkan engsel yang berkarat di atas koran bekas. Lalu semprot dengan cairan anti-karat yang banyak beredar di pasaran. Diamkan selama beberapa menit, lalu sikat dengan sikat gigi bekas. Kilap dari engsel akan muncul lagi. Pasang kembali engsel di pintu furniture kayu.

8. Lapisi dengan Vernis
Tak hanya berfungsi untuk memperindah tampilan furniture kayu, vernis juga bisa digunakan untuk melapisi furniture kayu yang berjamur. Pilih cat vernis yang kualitasnya cukup baik. Sesuaikan warnanya dengan warna asli furniture kayu. Sebelum dipoles dengan vernis, bersihkan terlebih dahulu furniture yang berjamur. Oleskan vernis secara merata di permukaan furniture kayu.

9. Gosok dengan Jeruk Nipis dan Garam
Ternyata jeruk nipis jika dicampur dengan garam cukup efektif mengatasi masalah jamur pada furniture kayu. Caranya gampang, taburkan saja garam di permukaan furniture kayu yang ditumbuhi jamur. Lalu belah jeruk nipis menjadi dua. Gosok-gosokkan potongan jeruk nipis tersebut ke permukaan furniture kayu yang ditaburi garam.

Kandungan asam pada jeruk nipis yang tercampur dengan garam akan membasmi tuntas jamur pada permukaan furniture kayu. Setelah digosok, segera keringkan permukaan furniture kayu yang basah dengan cara mengipasinya.

10. Lapisi dengan Alas Kertas
Penyebab lain bertumbuhnya jamur di furniture kayu, terutama lemari, adalah pakaian lembap yang bersentuhan langsung dengan lemari kayu tersebut. Salah satu solusinya adalah memasang alas kertas pada bagian dalam lemari, sehingga pakaian tidak langsung bersentuhan dengan permukaan lemari kayu. Kondisi lemari yang bersih dan kering akan menurunkan risiko berjamurnya furniture kayu.


Setelah mengetahui langkah-langkah penyelamatan furniture kayu yang mulai usang akibat jamur, Anda bisa menyulap furniture kayu usang tersebut seperti baru lagi. Menjelang lebaran, momen yang tepat untuk mencobanya. 

Jangan sampai Anda terlambat menyelamatkan furniture kayu berjamur agar tidak semakin rusak dan tak bisa digunakan lagi. Jika hal itu terjadi, serahkan saja ke ahlinya. Atau, jika Anda tak mau repot dan ingin lebih praktis, Anda bisa “curhat” ke tim Rancang Mebel untuk benar-benar menyulapnya menjadi furniture yang jauh lebih elegan menjelang Lebaran. 

Whatsapp Telepon SMS