Tips Mudah Merawat Furnitur Berbahan Kayu

Tips Mudah Merawat Furnitur Berbahan Kayu

Kayu merupakan material yang paling banyak digunakan dalam pembuatan furnitur. Penggunaan kayu tentunya bukan tanpa alasan. Daya tahan serta kekuatan tentunya menjadi faktor utama. Selain itu, material kayu juga memberikan kesan natural namun tetap artistik.

Jenis kayu pun sekarang semakin beragam, mulai dari kayu solid hingga kayu buatan. Anda bisa mengetahui jenis-jenis kayu buatan pembentuk furnitur di sini.

Karena merupakan bahan natural, furnitur kayu rentan dimakan rayap dan mudah lapuk jika tidak dirawat dengan baik. Namun perawatan furnitur kayu tidaklah sulit lho. Di bawah ini adalah beberapa tips merawat furnitur berbahan kayu.

1. Kenali Jenis Kayu

Setiap jenis kayu memiliki teknik perawatan yang berbeda. Misalnya furnitur berbahan kayu solid harus dihindarkan dari ruangan yang terpapar sumber panas secara langsung karena dapat menyebabkan kayu cepat lapuk.

Lain halnya dengan furnitur berbahan plywood. Material ini harus dihindarkan dari air karena bisa membuat kayu lapuk. Namun biasanya furnitur plywood sudah dilapisi dengan bahan pelapis sehingga tidak mudah rusak. Bahkan plywood kini sering digunakan sebagai material pembuatan kitchen set.

            (Baca juga: DIY - Cara Membuat Kitchen Set Sendiri)

Sama halnya dengan plywood, particle board juga harus dihindarkan dari air karena dapat menyebabkan serbuk kayu terurai. Selain itu, bahan ini juga rentan terserang jamur.

2. Bersihkan Dengan Air Hangat + Sabun Cuci Piring

Bahan yang digunakan untuk membersihkan furnitur kayu sangat mudah didapatkan. Cukup campurkan sabun cuci piring dengan air hangat secukupnya. Agar tidak rusak, segera keringkan furnitur menggunakan kain kering lembut.

3. Letakkan di Ruangan Bersuhu Normal

Tahukah Anda, terlalu sering terpapar sumber panas dapat membuat furnitur kayu kering dan menyusut. Hal ini menyebabkan munculnya retakan pada permukaannya. Sebaiknya, letakan furnitur di ruangan bersuhu normal dan jauhkan dari sumber-sumber panas seperti pemanas ruangan, radiator, dan paparan sinar matahari langsung.

            (Baca juga: 5 Desain Lemari Custom ini Bikin Kamarmu Terlihat Rapi!)

4. Menggunakan Alas

Terkadang, Anda tidak sadar ketika meletakkan sesuatu terlalu keras atau kasar di atas furnitur. Hal ini berisiko membuat permukaan tergores. Karena itulah, ada baiknya jika Anda menggunakan alas di bagian atasnya.

Anda juga bisa mengalasi kaki-kaki furnitur untuk menghindari bagian ini tergores. Selain itu, meletakkan alas pada kaki furnitur juga menghindari lantai tergores.

5. Gunakan Sikat Gigi

Alat yang digunakan untuk membersihkan furnitur biasanya adalah kain lap. Namun, lap hanya bisa digunakan untuk membersihkan bagian yang terlihat saja. Nah, agar furnitur bersih menyeluruh, Anda bisa menggunakan sikat gigi atau kuas untuk membersihkan bagian-bagian terpencil seperti celah-celah ornament, dan lainnya.

            (Baca juga: Steal The Idea! 4 Inspirasi Furnitur Multifungsi Untuk Hunian Minimalis)

6. Manfaatkan Sisa Teh

Tahukah Anda bahwa teh berguna untuk mengilapkan furnitur kayu? Caranya pun mudah sekali. Cukup seduh teh hitam kemudian usapkan teh tersebut pada permukaan furnitur menggunakan kain lap lembut.

Itulah beberapa tips merawat furnitur berbahan kayu yang harus Anda tau. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba!

Whatsapp Telepon SMS